korannews.com – Siapa yang tidak mengenal mangkuk ayam jago ?

Mangkuk yang biasa digunakan penjual bakso, bubur ayam, mi ayam, dan masih banyak lainnya ternyata bukan hanya ada di Indonesia .

Pasalnya, hari ini, Senin, 12 September 2022, Google Doodle menampilkan mangkuk ayam jago di halaman awal pencariannya.

Doodle mangkuk ayam jago yang ditampilkan oleh Google itu khas dengan hiasan bunga peony dan daun pisang, tetapi mangkuk tersebut bukan berasal dari Indonesia .

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari laman Google Doodle, mangkuk ayam jago tersebut berasal dari Lampang, Thailand .

Produk mangkuk ayam jago itu telah didaftarkan menjadi produk Indikasi Geografis Lampang oleh Thailand pada 12 September di tahun 2013.

Pendaftaran tersebut dilakukan oleh Thailand karena mereka memulai produksi mangkuk ayam jago terbaiknya di Lampang sejak tahun 1957.

Mangkuk ayam jago memang sangat terkenal di Asia. Bahkan setiap negara di Asia memiliki ciri khas masing-masing.

Di Indonesia , lukisan ayam jago yang khas, yang berada pada mangkuk, piring, atau peralatan rumah tangga lainnya, hak kepemilikannya dipegang oleh PT Lucky Indah Keramik.

PT Lucky Indah Keramik mendaftarkan merek produk ayam jago ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI pada 14 Juli 2011 hingga sekarang.

PT Lucky Indah Keramik mendaftarkan lukisan ayam jago tersebut untuk beberapa produk yang mereka hasilkan.

Di antaranya piring, mangkuk, basin, tatakan cangkir, tea set, dinner set poci, cangkir, gelas, tutup cangkir, dan vas bunga.

Selain peralatan rumah tangga, PT Lucky Indah Keramik juga mendaftarkan lukisan ayam jagonya sebanyak tiga kali pada 23 Agustus 2021 untuk produk lainnya.

Seperti gantungan kunci, liontin, alas kertas, alas piring, kantong plastik, buku catatan, topi, baju, alas kaki, sweater, dan celemek.

Sedangkan, awal mula mangkuk ayam jago tersebut berasal dari China. Karya seni ayam jago tersebut menjadi lambang kerja keras dengan daun pisang dan bunga peony merah sebagai lambang mimpi keberuntungan.***