Browser Edge Dapatkan Fitur Feed RSS Klasik Yang Diperbarui Kembali

Browser Edge Dapatkan Fitur Feed RSS Klasik Yang Diperbarui Kembali

korannews.com – NESABAMEDIA.COM – Setelah Google, Microsoft kini juga tengah menguji coba tombol ‘ikuti’ untuk RSS dan feed, yang akan memungkinkan anda bisa terus terhubung dengan situs favorit anda. Pada build Canary untuk browser Edge di Windows, Microsoft telah mulai melakukan pengujian pada sebuah feed baru yang akan memperkenalkan fungsi asli RSS dengan integrasi pada fitur Collections yang dimiliki browser tersebut.

Beberapa platform seperti Google News atau Microsoft News sebelumnya tidak lagi menggunakan feed RSS, dengan alasan perubahan trend penggunaan di kalangan pengguna. Walau pada dasarnya fitur RSS itu masih cukup ampuh digunakan sebagai alat agregasi.

Google News, Google Discover dan Microsoft News adalah hal baru dalam mengirimkan konten kepada pengguna dengan pendekatan baru yang berbasis algoritma. Dan banyak pengguna yang telah mencari cara terbaik untuk bisa mendapatkan konten terbaru di feed berita mereka. Saat ini, jika anda ingin berlangganan pada sebuah feed RSS situs, anda bergantung pada alat pembaca RSS atau menggunakan aplikasi web seperti Feedly.

“Kami mendengarnya dengan keras dan jelas”, kata Google ketika fitur itu diperkenalkan kembali pada untuk browser Chrome di Android.

Penerapan Microsoft untuk fitur yang sama seperti yang digunakan Google itu bernama “Followable Web”, dan saat ini diluncurkan kepada pengguna terpilih yang menjalankan browser Edge versi Canary. Flag untuk mengaktifkan fitur eksperimental ini telah muncul hampir sejak tiga bulan yang lalu, dan telah diperkenalkan kembali pada pembaruan terbaru, sebagai bagian dari pengujian beta terukur Microsoft.

Seperti namanya, Followable Web akan memungkinkan pengguna untuk mengakses feed pilihan dari situs web favorit mereka menggunakan tombol Collection yang ada di toolbar browser. Fitur baru itu akan ditempatkan di panel Collection dan artikel yang diterbitkan oleh situs terkait akan muncul di feed saat anda membuka browser di lain waktu.

Untuk saat ini, fitur RSS baru ini merupakan bagian dari fitur Collections, sehingga anda harus mengklik tombol Collections terlebih dahulu untuk bisa mengaksesnya. Ke depannya, akan memungkinkan jika fitur ini akan dipindahkan ke toolbar utama di browser Edge.

Microsoft juga memperkenalkan tombol Ikuti baru yang akan ditempatkan di kolom alamat browser. Situs yang anda kunjungi di Edge, akan memiliki tombol ini di kolom alamat jika memang mendukung feed RSS, dan pembaruan dari situs yang telah diikuti akan muncul di panel baru.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.