ASUS ROG Selalu Tingkatkan Kolaborasi dengan Komunitas Gamers

ASUS ROG Selalu Tingkatkan Kolaborasi dengan Komunitas Gamers

korannews.com – Diberikan pada acara IBF Conference 2022, yang berlangsung 20 September 2022, dewan juri yang terdiri dari para pakar branding nasional menilai, program kolaborasi ASUS ROG dengan para gamers telah menampilkan apa yang disebut kerja sama antara brand dengan komunitas, khususnya dalam marketing collaboration.

“Kami menilai, ASUS ROG sukses menggalang kebersamaan, sinergi, dan kolaborasi pemasaran dengan komunitas para gamer yang bersifat win-win. Para gamers bisa mendapat experience saat merasakan hasil pengembangan dan inovasi ASUS ROG lewat tes-tes produk yang dilakukan, sementara pihak ASUS ROG sendiri menerima input dari para gamers, juga streamers dan content creators, untuk menyempurnakan lebih lanjut teknologi yang mereka kembangkan. Kolaborasi ini juga turut menguatkan ekosistem game industry di Tanah Air,” papar Yuswohady, Founding Chairman IBF.

Program kolaborasi ASUS ROG dengan komunitas gamers itu sendiri menjadi salah satu pemenang dari 13 pemenang IBF Awarding 2022, lainnya yang telah diseleksi dan dikurasi secara ketat.

Sejak awal peluncurannya, ASUS ROG secara konsisten menggandeng berbagai komunitas gamer dan overlocker. Mereka rajin membuat kompetisi game, mensponsori tim, komunitas, dan individu yang turut serta dalam ajang kompetisi game, termasuk membuat acara-acara keakraban dengan komunitas gamers.

Lebih dari itu, para game enthusiast, yang kadang disebut juga hardcore gamer, serta para overclocker rajin memberikan feedback terhadap teknologi yang dikandung ASUS ROG untuk penyempurnaan lebih lanjut. Maka terciptalah apa yang disebut sebagai idea crowd sourcing, produsen mendapatkan ide-ide pengembangan produk dari kerumunan penggunanya (user).

Hasilnya, perlahan namun meyakinkan, ASUS ROG mendominasi pasar PC gaming, tak terkecuali di Indonesia. Di negeri ini, ASUS mendominasi pasar laptop gaming dengan market share sebesar 48,7% pada Desember 2021. ASUS bahkan sempat menciptakan rekor penguasaan pasar pada September 2021 hingga sebesar 59,7%. Untuk PC gaming, ASUS mengungguli para pesaingnya seperti Lenovo, MSI, Acer, serta HP. Tak bisa dipungkiri, Asus ROG menjadi kunci dominasi ini.

Tak berhenti sampai disitu, kolaborasi ASUS ROG pun semakin menarik dan inovatif. Mereka makin melebarkan kolaborasinya, tidak hanya dengan kalangan game enthusiast dan overlocker, tetapi juga beragam kalangan.

Lini produk ini masuk ke beragam ekosistem dengan pendekatan pop culture agar semakin bisa diterima semua kalangan mengingat spesifikasinya yang bisa digunakan siapa pun, bukan hanya penggila game atau overclocking.

Sebut saja, kolaborasi dengan Sony Pictures pada film superhero terbaru yaitu Spinder-ManTM: No Way Home. Kolaborasi ini menegaskan bahwa ROG bukan hanya sekadar brand gaming, tetapi juga sangat dekat dengan pop culture. Pada kesempatan ini, ASUS memperkenalkan produk barunya yaitu ROG Strix G35 yang Selaras dengan tema Spider-Man™: No Way Home.

Produk ini memiliki desain yang sangat unik dan futuristik. Bagian depan dan atas case-nya menggunakan desain windshear yang tidak hanya membuat ROG Strix G35 lebih menarik, tetapi juga memiliki fungsi teknis tersendiri.

“Gaming bukan lagi merupakan sebuah kegiatan semata, tetapi telah menjadi bagian dari pop culture dunia. Kolaborasi kali ini menegaskan bahwa ROG yang merupakan brand gaming ternama dunia tidak bisa dipisahkan dari pop culture,” ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia. “ROG tidak hanya dirancang untuk gamer, tetapi juga para kawula muda yang tertarik dengan teknologi, sains, dan pop culture seperti halnya Peter Parker dalam film Spider-Man™: No Way Home.”

Asus ROG juga menyasar pasar kolektor mainan yang terus berkembang di kalangan anak muda, termasuk di Indonesia. Melihat anak muda yang menggemari karakter anime dan robot, ASUS ROG, Threezero dan Victory Toys berkolaborasi dengan menghadirkan lini produk Robo Dou Evangelion.

Para penggemar yang membeli set ROG Evangelion akan mendapatkan kesempatan untuk memenangkan figure Threezero Evangelion-01 yang dipersembahkan Victory Toys.

Yang menarik, cara menggarap pasar di segmen ini juga mengaktifkan kolaborasi, tidak hanya dengan kalangan game enthusiast, tapi juga dengan pendekatan pop culture. Salah satunya, di Indonesia, pada September 2021, Asus melalui ROG Phone 5 melakukan kolaborasi khusus dengan NeverTooLavish, street artist Indonesia.

Kolaborasi ini dituangkan ke dalam koleksi Nike Air Jordan monokrom hitam-putih. Kolaborasi ini diharapkan bisa menjadi inspirasi para pecinta game di Tanah Air.

Melihat keaktifan kolaborasi yang dijalankan berikut tiga perubahan di atas, tampaknya ini memang kedisplinan ASUS ROG agar tetap bisa dominan di pasar gaming, tidak hanya PC gaming tapi juga mobile gaming.

error: Content is protected !!