Android 13 Pada Dasarnya Hanyalah Pembaruan Berulang Dari Versi Sebelumnya

Android 13 Pada Dasarnya Hanyalah Pembaruan Berulang Dari Versi Sebelumnya

korannews.com – NESABAMEDIA.COM – Android 13 versi Developer Preview (Pratinjau Pengembang), bisa dilihat sebagai peningkatan berulang karena pembaruan Android 12. Para ahli mengatakan bahwa masih terlalu dini untuk mengatakan apa sebenarnya yang akan dimiliki OS baru itu, yang bisa menjadikannya sebuah peningkatan yang solid dari Google.

Google merilis Android 13 Pratinjau Pengembang untuk smartphone Pixel pada tanggal 10 Februari lalu, dan seperti yang diharapkan kebanyakan orang, tidak banyak hal baru untuk perubahan yang diberikan kepada pengguna. Dari apa yang terlihat sekarang ini, Android 13 lebih berfokus pada masalah privasi, keamanan dan produktivitas pengembang.

Disebutkan juga bahwa Android 13 kemungkinan bisa menjadi pembaruan berulang yang akan memperkuat jalan untuk masa depan sistem operasi buatan Google tersebut. Desain Android 12 belum tentu merupakan desain yang akan sesuai untuk semua orang, dan dari yang terlihat sejauh ini, Android 13 seakan memantapkan arah desain tersebut.

Android 13 adalah pembaruan berulang dari Android 12 ketika melihat dari sisi desainnya, karena Google tidak melakukan perombakan besar pada bahasa desain Material mereka dari tahun ke tahun. Hampir setiap pembaruan Android pada dasarnya bisa dianggap sebagai pembaruan yang berulang dari rilis sebelumnya, jadi istilah itu sendiri tidak memiliki banyak arti.

“Android 13 adalah pengulangan dari Android 12, yang mengulang Android 11 yang juga mengulang dari Android 10, dan seterusnya. Pengembangan di Android tidak memiliki akhir, jadi setiap fitur yang belum siap diluncurkan ke publik, akan dirilis pada versi Android berikutnya,” ungkap Mishaal Rahman dari XDA Developers.

Rahman menjelaskan bahwa Google memang merencanakan fitur mana yang ingin mereka kirimkan dalam rilisan tertentu. Misalnya, Google jelas berencana untuk debut Material You di Android 12 dan sebagian besar perubahan UI dan fitur yang terkait dengannya seperti warna dinamis.

Perlu dicatat bahwa pada bulan Oktober 2021 lalu Google meluncurkan Android 12L, yang ditujukan untuk perangkat dengan layar yang lebih besar seperti tablet dan perangkat lipat. Bisa dibilang ini adalah versi paling stabil dari Android 12 yang menambahkan cabang antarmuka yang ditargetkan untuk perangkat lipat dan tablet. Dalam kasus ini, Android 13 pada dasarnya dibangun dari Android 12L.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.