AirPods Rusak Terkena Air, Ini Cara Perbaikinya !

AirPods Rusak Terkena Air, Ini Cara Perbaikinya !

korannews.com – Dikutip dari Wikhow, Sabtu (24/9/2022), berikut ini langkah-langkah yang anda dapat lakukan untuk mengeringkan AirPods dengan benar agar perangkat tersebut tidak rusak karena air :

1. Segera keluarkan AirPods dari air.

Keluarkan AirPods dari cairan dan tempatkan pada permukaan yang kering dan rata. AirPods generasi ke-3, AirPods Pro, dan MagSafe Charging Case (casing pengecas) untuk AirPods generasi ke-3 memang bisa menahan air, tetapi tidak dirancang untuk terendam air secara penuh.

Model AirPods yang lebih lama sama sekali tidak tahan air.Jika casing pengecas AirPods basah, tempatkan casing tersebut secara terbalik, dengan membuka tutupnya agar air yang tersisa menetes. Jika masih menancap di sumber daya, Anda harus segera mencabutnya.

2. Tepuk AirPods yang basah dengan kain kering tanpa serat.

Hilangkan kelebihan air yang menempel pada AirPods. Bahan terbaik untuk keperluan ini adalah kain mikrofiber, yang biasa disertakan pada kit pembersih kaca atau kacamata.Anda bisa menggunakan cotton bud untuk menyerap cairan yang ada di pengeras suara, tetapi jangan menekannya terlalu kuat agar perangkat tidak rusak.

3. Jalankan pintasan (shortcut) Water Eject.

Unduh pintasan Water Eject buatan Routinehub.Jika AirPods telah dipasangkan dengan iPhone, Anda bisa menggunakan Water Eject untuk menghilangkan kelebihan cairan pada pengeras suara iPhone, iPad, dan AirPods, dengan menyetel nada bas berfrekuensi rendah.Kunjungi https://routinehub.co/shortcut/571 pada iPhone, sentuh Get Shortcut, lalu sentuh + Add Shortcut untuk menambahkannya pada galeri Shortcuts. Selanjutnya sentuh My Shortcuts, sentuh Water Eject, lalu sentuh Begin untuk menjalankan pintasan tersebut.

4. Biarkan AirPods benar-benar kering.

Tunggu hingga AirPods benar-benar kering sebelum dimasukkan kembali ke dalam casing pengecas.Jika cuaca sedang cerah, tempatkan AirPods di bawah paparan sinar matahari (asalkan tidak terlalu terik) untuk mempercepat pengeringan. Jika tidak, Anda bisa menempatkannya di area dengan kelembapan yang rendah. Tunggu beberapa jam sampai AirPods benar-benar kering sebelum anda mencobanya kembali.

Suhu yang terlalu panas atau dingin bisa merusak AirPods. Jangan menempatkan AirPods di atas radiator atau pemanas, dan jangan menggunakan pengering rambut.

5. Gunakan gel silika atau bahan pengering lain.

Bungkusan gel silika yang biasa disertakan pada perangkat elektronik dan vitamin bisa menyelamatkan AirPods. Jika masih ada kelembapan di bagian dalam AirPods, bahan pengering seperti gel silika bisa mengatasinya. Apabila Anda tidak memilikinya, cobalah membeli bahan pengering seperti ini di toko kerajinan atau toko elektronik.

6. Letakkan AirPods di wadah yang bisa ditutup rapat dan diberi tambahan desikan.Kantong plastik atau kotak makanan yang bersih bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini. Desikan (bahan yang bisa menyerap uap air) seperti gel silika bisa menyerap cairan yang masih ada di dalam AirPods. Masukkan AirPods ke dalam wadah bersama desikan dan biarkan selama 24-48 jam sebelum Anda mencobanya kembali.

7. Gantilah AirPods yang rusak terkena air.Cobalah menggunakan AirPods setelah kondisinya benar-benar kering.

Apabila pengeras suaranya terdengar lirih atau berdengung, mungkin Anda perlu mengeringkannya lebih lama lagi. Keringkan selama 1 atau 2 hari lagi, dan cobalah kembali. Jika AirPods tetap tidak dapat berfungsi dengan baik, Anda bisa mengirimkannya ke Apple Authorized Service Provider untuk diperbaiki atau menggantinya dengan yang baru.

error: Content is protected !!