7 Cara Memilih Laptop yang Cocok untuk Mahasiswa dan Pelajar

7 Cara Memilih Laptop yang Cocok untuk Mahasiswa dan Pelajar

korannews.com – – Laptop saat ini tampaknya menjadi perangkat yang penting untuk menunjang pekerjaan dalam berbagai profesi, termasuk mahasiswa dan pelajar. Lantaran punya fungsi yang penting, membeli laptop sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan.

Di pasaran, laptop sekarang tersedia dalam berbagai model. Lantas, bagaimana cara memilih laptop yang cocok untuk menunjang kebutuhan mahasiswa dan pelajar? Terdapat beberapa tips memilih laptop yang cocok buat mahasiswa atau pelajar.

Secara umum, cara memilih laptop yang cocok untuk mahasiswa atau pelajar adalah melihat spesifikasi yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan. Selengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara memilih laptop yang cocok untuk mahasiswa dan pelajar.

Cara memilih laptop yang cocok untuk mahasiswa dan pelajar

1. Sesuaikan budget

Sebelum melihat spesifikasi yang dibutuhkan, cara memilih laptop yang cocok untuk pelajar atau mahasiswa bisa dilakukan dengan menyesuaikan budget atau anggaran yang dimiliki.
Cara ini penting buat dilakukan agar dapat memilih laptop yang pas dengan kantong.

Setelah menyesuaikan budget, cara selanjutnya adalah mulai melihat spesifikasi laptop di berbagai sektor yang nantinya dapat menunjang kebutuhan pekerjaan sebagai mahasiswa atau pelajar.

2. Sistem operasi

Di pasaran, terdapat berbagai model laptop dengan jenis sistem operasi yang berbeda. Umumnya, terbagi menjadi tiga jenis sistem operasi, yaitu laptop dengan Window OS, laptop dengan MacOS (Macbook), dan laptop dengan ChromeOS (Chromebook).

Aplikasi atau software bisa berjalan di laptop ditentukan oleh sistem operasi yang digunakan. Jika kuliah atau pelajaran lebih banyak menggunakan aplikasi yang hanya bisa berjalan di Windows OS maka laptop berbasis Windows OS bakal lebih cocok untuk dipilih.

3. CPU dan GPU

Spesifkasi di bagian CPU (Central Processing Unit) atau biasa disebut prosesor penting buat menjadi pertimbangan memilih laptop. Sebab, segala aktivitas pengguna di laptop bakal diproses melalui CPU.

Sama halnya CPU, GPU (Graphics Processing Unit) atau biasa disebut kartu grafis juga perlu dipertimbangkan. Komponen ini pada dasarnya berfungsi buat memproses data-data grafis di laptop.

Jika di perkuliahan membutuhkan aktivitas pemrosesan komputasi yang berat, seperti pada jurusan teknologi informatika atau desain grafis, maka laptop dengan CPU berarsitektur tinggi dan GPU terpisah dapat menjadi pilihan.

Akan tetapi, jika hanya buat kegiatan belajar yang ringan seperti mengolah teks maka tak terlalu dibutuhkan laptop dengan spesifikasi pemrosesan yang tinggi.

4. RAM

Kapasitas RAM (Random Access Memory) perlu buat diperhatikan juga dalam memilih laptop. Jika aktivitas belajar perlu menjalankan beberapa aplikasi sekaligus maka dibutuhkan laptop dengan kapasitas RAM yang cukup besar, misal 8 GB.

5. Memori penyimpanan

Bila hendak digunakan untuk menyimpan file-file berukuran besar, pilihlah laptop dengan memori penyimpanan berkapasitas 256 GB ke atas. Selain kapasitas, perlu dipertimbangkan pula jenis memori penyimpanan yang digunakan.

Jenis memori penyimpanan saat ini secara umum terdiri dari HDD dan SSD. Laptop dengan memori penyimpanan SSD bisa melakukan transfer dan memuat data lebih cepat ketimbang yang hanya menggunakan HDD.

6. Kelengkapan port

Kelengkapan port atau jalur koneksi menjadi yang hal penting juga dalam pertimbangan membeli laptop. Kelengkapan port pada tiap laptop bisa berbeda-beda. Ada laptop yang menyediakan port HDMI, tetapi ada juga yang tidak.

Bila di perkuliahan atau sekolah sering melakukan presentasi dengan proyektor yang memiliki sambungan HDMI maka laptop dengan dukungan port HDMI bakal cocok untuk jadi pilihan.

7. Webcam

Aktivitas belajar saat ini sering dijalankan secara daring. Oleh karena itu, cara memilih laptop yang cocok untuk pelajar atau mahasiswa adalah melihat juga ketersediaan perangkat webcam (kamera web).

Itulah tips memilih laptop yang cocok buat mahasiswa dan pelajar. Dengan melihat beberapa spesifikasi yang dibutuhkan, laptop nantinya dapat dipakai secara optimal untuk menunjang pekerjaan sebagai mahasiswa atau pelajar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Exit mobile version