10 Aplikasi Doa Buka Puasa yang Sah: Arab, Latin, dan Artinya

10 Aplikasi Doa Buka Puasa yang Sah: Arab, Latin, dan Artinya

10 Aplikasi Doa Buka Puasa yang Sah: Arab, Latin, dan Artinya

korannews.com – Memasuki Bulan Suci Ramadan 2023, semua umat Muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa. Untuk menambah berkah, ada banyak doa-doa harian yang bisa diimplementasikan.

Salah satu yang paling krusial adalah doa berbuka puasa. Sebagian Muslim mungkin belum tahu doa buka puasa yang shahih ketika hendak membatalkan atau mengakhiri ibadah puasa di bulan Ramadan.

Dikutip dari buku “Puasa Bukan Hanya Saat Ramadhan” karya Ahmad Sarwat Lc, salah satu keutamaan membaca doa berbuka puasa adalah tidak akan tertolak doa yang dipanjatkannya.

Menurut riwayat HR Tirmidzi, dari Abdullah bin Amr bin al-Ash berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Bagi orang yang berpuasa ketika sedang berbuka ada doa yang tak akan tertolak.”

Membaca doa berbuka puasa juga termasuk adab sunah dalam puasa, menurut Maryam Kinanti N dalam bukunya yang berjudul Dahsyatnya 7 Puasa Wajib, Sunnah, dan Thibbun Nabawi.

Nah, untuk memudahkan mengakses doa-doa yang shahih untuk berbuka puasa dan keseharian, Anda bisa mengaksesnya lewat aplikasi di HP. Beberapa aplikasi juga menyematkan doa lengkap dengan tulisan Arab, Latin, beserta artinya.

Muslim Pro adalah salah satu aplikasi untuk umat muslim yang paling populer. Fiturnya lengkap, bukan cuma terkait doa saja.

Muslim Pro berisi petunjuk waktu sholat, Imsakiyah, hingga doa niat Puasa dan doa harian juga berbuka puasa Ramadan.

Selain itu, Anda juga bisa mengaji karena terdapat Al-Qur’an yang lengkap dengan terjemahannya. Aplikasi Muslim Pro juga termasuk yang paling lengkap di antara lainnya, karena dapat menunjukan arah kiblat hingga lokasi restoran halal terdekat.

Selain itu, ada juga Doa Niat Puasa Ramadan, Doa Berbuka Puasa, Doa Khusus Bulan Puasa Ramadhan dari hari ke 1 puasa Ramadhan sampai hari ke 30, Doa Niat Shalat Tarawih, Doa Niat Shalat Witir, Doa Niat I’tikaf, hingga Doa Malam Lailatul Qadar.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Uama (PBNU). Di dalamnya ada fitur lengkap terkait ibadah.

Mulai dari Al Quran, kumpulan doa sehari-hari, niat puasa, dan lain sebagainya. Bahkan baru-baru ini aplikasi ini merilis fitur-fitur baru menyambut Ramadhan 1444 H.

Mulai dari jadwal sholat, Maulid, Ziarah, hingga Haji dan Umrah. Di Play Store aplikasi ini memiliki rating 4.9 dan telah diunduh sebanyak 500 ribu kali.

Nah, bagi orang tua yang ingin mengajarkan anaknya berdoa, aplikasi satu ini sangat cocok. Pasalnya, aplikasi ini juga dilengkapi dengan suara yang membantu mereka untuk menghafal.

Tampilan pada aplikasi ini juga sangat menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak, lengkap dengan doa harian hingga surat surat pendek. Tentunya mengajarkan doa harian hingga surat pendek sejak dini adalah hal yang sangat baik.

Aplikasi ini sangat membantu bagi Anda yang ingin mengetehui jenis-jenis puasa dan semua doa yang menyertainya, mulai dari puasa wajib di bulan Ramadhan, doa puasa Sunnah, hingga doa puasa Rajab dan banyak lainnya.

Aplikasi Ramadan yang satu ini menjadi penghitung sudah berapa hari dan sisa harinya hingga Lebaran tiba. Selain itu, pada aplikasi ini juga terdapat doa-doa harian Ramadan yang bisa diakses dengan mudah, dan memiliki fitur penentu arah kiblat jadi saat ingin sholat dan tidak ada petunjuk arah kiblat, aplikasi ini akan sangat membantu.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan 99 Nama Allah S.W.T dalam berbagai Bahasa beserta dengan artinya, dan fitur ‘Tasbeh Helper’ yang akan membantu saat berdzikir.

Selain itu pada aplikasi Ramadan 2022 juga menampilkan doa-doa harian yang bisa Anda baca untuk mengisi waktu luang saat mejalankan ibadah puasa Ramadhan tahun ini.

Muslim Muna memiliki beberapa fitur, seperti jadwal salat, arah kiblat yang akurat, kalender hijriah, fitur azan otomatis, kumpulan doa sehari-hari dan niat puasa, hingga kartu ucapan Islami.

Dzikra memiliiki fitur antara lain Al Quran digital, kumpulan doa sehari-hari dan niat puasa, dan jadwal salat.

Layaknya aplikasi kumpulan doa-doa harian, Athan juga dilengkapi dengan fitur-fitur lengkap terutama menu-menu Ramadhan 2023. Seperti doa niat puasa, sahur, buka puasa, dan Al Quran.

Exit mobile version