korannews.com – Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) meluncurkan model terbaru truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter pada awal September 2022.

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017, truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter ini menjadi jawaban solusi mobilitas logistik dengan energi yang lebih ramah lingkungan.

Berbeda dengan tipe sebelumnya, Mitsubishi Fuso eCanter terbaru mendapatkan teknologi dan fitur lebih canggih.

Tak hanya itu saja, mobil truk listrik ini juga dihadirkan dengan tipe dan varian yang lebih luas, seperti apa spesifikasinya?

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari situs resmi Mitsubishi Fuso pada Senin, 12 September 2022, eCanter terbaru akan dijual dalam 28 tipe berbeda untuk varian dalam negeri Jepang.

Sedangkan untuk kebutuhan luar negeri, mobil truk listrik ini akan disediakan dalam 80 varian.

Demi memenuhi berbagai kebutuhan, Mitsubishi Fuso eCanter hadir dalam berbagai kapasitas angkut. Ada yang bisa mengangkut beban hingga lima ton, delapan ton, ada juga yang bisa angkut beban lebih ringan untuk pengangkutan barang 4 ton.

Dimensi dan lebar truk ini bisa disesuaikan sesuai kebutuhan si konsumen.

Ada truk Fuso eCanter yang tersedia dalam panjang 2.130 mm untuk kapasitas angkut lebih banyak.

Ada juga yang berukuran hanya 1.700 mm untuk kapasitas angkut lebih kecil tapi daya jelajah lebih besar.

Wheelbase dari truk listrik ini memiliki variasi panjang 2.500 mm sampai 4.750 mm.

Beralih ke bagian dapur pacunya, Mitsubishi Fuso eCanter terbaru ini mendaptkan baterai dengan kapasitas 4i kWh yang bisa melaju dengan jarak sejauh 80 kilometer.

Jika menggunakan dua baterai, maka mobil bisa melaju hingga 140 kilometer sekali pengecasan.

Fuso eCanter terbaru ini memiliki platform modular baterai yang baru. Karenanya, baterai dari truk listrik ini bisa diisi hingga tiga unit, membuat jarak jelajah semakin panjang mencapai 200 kilometer.

Tak hanya bisa digunakan sebagai truk saja, Mitsubishi Fuso eCanter terbaru juga bisa mengerjakan aktivitas lainnya.

Salah satunya truk ini memiliki akses fungsi V2X yang bisa membuat eCanter berperan sebagai generator untuk menghidupkan peralatan listrik lainnya.

Tak hanya fitur generator saja, teknologi keselamatan truk ini juga canggih. Ada teknologi Active Sideguard Assist yang membantu mengurangi resiko kecelakaan karena bisa memantau titik-titik buta (blind spot).

Active brake assist (ABA) juga dipasang agar truk bisa melakukan pengereman lebih baik melalui pengenalan spasial.

Selain itu, teknologi yang sebelumnya juga masih dipertahankan. Antara lain Active Attention Assist yang memantau tingkat kelelahan pengemudi truk.

Fitur keselamatan lainnya yang ada di mobil ini meliputi electronic parking brake (EPB), back eye camera system, serta lainnya.***