Mitos atau Fakta, Mengubah Spesifikasi Oli bisa Mencegah Oil Sludge?

Mitos atau Fakta, Mengubah Spesifikasi Oli bisa Mencegah Oil Sludge?

korannews.com – Oil sludge menjadi momok pengguna mobil. Kondisi ini membuat oli mesin menggumpal seperti lumpur, diikuti dengan berkurangnya volume oli mesin.

Kondisi tersebut tentu membuat sebagian masyarakat khawatir bila harus mengalami hal serupa. Maka dari itu, perlu ditemukan cara agar oil sludge dapat diantisipasi.

Salah satu kabar yang beredar di media sosial adalah dengan mengubah spesifikasi oli menjadi lebih kental terkait SAE dan menaikkan grade olinya terkait API Service.

Technical Leader Nasmoco Demak Eko Sulistyo mengatakan oil sludge memang sering terjadi khususnya di mobil yang jarang digunakan atau kondisi jalan macet.

“Masyarakat sering terpaku dengan patokan jarak atau kilometer, padahal kondisi mobil yang sering lewat jalan macet atau jarang digunakan akan lama mencapai jarak tersebut, sehingga patokan waktu juga perlu diperhatikan,” ucap Eko kepada Kompas.com, Sabtu (18/3/2023).

Dia mengatakan untuk menghindari oil sludge pengendara perlu memperhatikan waktu penggantiannya atau mengubah spesifikasi olinya.

“ Mengubah spesifikasi oli mesin bisa dilakukan pada bagian API Service, selain itu juga dilarang gonta-ganti, jadi kalau sudah pernah naik grade yang lebih tinggi, misal dari API Service SL ke SN, dari semi sintetik ke full sintetik, harus konsisten,” ucap Eko.

Dia juga melarang pemilik mobil untuk melakukan gonta-ganti merek oli mesin, itu dapat membuat oli mesin semakin buruk kualitasnya.

“Tidak boleh juga gonta-ganti merek oli mesin, karena setiap merek oli memiliki formula masing-masing, sedangkan kekentalan oli mesin sebaiknya tidak diubah-ubah bila mobil masih berusia 10 tahun atau lebih kecil,” ucap Eko.

Sedangkan untuk mobil yang sudah berusia 10 tahun lebih, dia memperbolehkan bila pengguna mobil ingin mengganti oli yang lebih kental.

“Kalau di Toyota mobil berusia belum lebih 10 tahun disarankan oli standar saja, tapi kalau sudah lebih bisa diubah menjadi yang lebih kental, dengan catatan perubahannya hanya naik satu level, misal 10W menjadi 15W,” ucap Eko.

Jadi, pengubahan spesifikasi oli mesin bisa dilakukan sebagai langkah preventif untuk menghindari oil sludge di mesin mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Exit mobile version