Merasakan Kenyamanan Agya Baru dari Kursi Penumpang

Merasakan Kenyamanan Agya Baru dari Kursi Penumpang

korannews.com – Setelah sempat menjajal kedua model terbaru dari Agya dari balik kemudi, redaksi Kompas.com menyempatkan diri untuk merasakan kenyamanannya di kursi bagian penumpang depan dan belakang.

Mengingat, salah satu produk mobil murah atau Low Cost Green Car ( LCGC ) Toyota ini, diandalkan untuk menjadi kendaraan perkotaan. Artinya, mayoritas penggunanya menggunakan Agya dalam aktivitas harian.

Adapun pengetesan dilakukan di area Toyota Driving Experiences (TDE) yang punya sejumlah rekayasa jalan menyerupai lintasan asli di perkotaan. Meliputi, jalanan zig-zag, trek lurus, bumpy dan gravel, hingga tanjakan serta turunan.

Kesan pertama saat memasuki kursi penumpang di baris pertama, rasanya biasa-biasa saja. Tidak ada yang spesial seperti di bagian pengemudi. Hanya saja desain dasbor dan instrumen hiburan sudah lebih modern dibanding generasi terdahulu.

Namun ketika mobil sudah dikendarai, kenyamanan yang diberikan jauh lebih baik dari Agya sebelumnya. Terkhusus ketika terjadi perpindahan rasio gigi, kini sangat halus dan tidak ada hentakan yang mengganggu.

Begitu pula saat melintas di jalur bebatuan dengan kecepatan 20-25 kpj, kendaraan masih terbilang stabil dengan karakteristik suspensi yang empuk, walau patut diakui guncangannya cukup terasa.

Rasa berbeda ketika redaksi duduk di kursi penumpang Agya GR Sport, bantingannya terasa begitu keras karena penggunaan suspensi yang tak terlalu empuk. Tetapi hal tersebut terbayar dengan guncangan yang lebih redam.

Limbung menjadi aspek yang redaksi soroti dalam pengetesan ini. Sebab biasanya, mobil dengan dimensi kecil yang ringan tidak begitu nyaman ketika harus bermanuver dengan kecepatan cukup kencang.

Hasil pengujian, ternyata hal tersebut juga terjadi di Agya terbaru tipe G. Meski mobil ini bukan untuk balap, tapi soal body roll memang diakui bukan yang terbaik.

Aspek ini kemudian jauh lebih mending pada Agya GR Sport karena memang terdapat penyesuaian di bagian steering dan suspensinya. Membuat center of gravity mobil jauh lebih baik yang pada akhirnya membuat gejala limbung minim.

Pada kursi penumpang baris kedua, semua hal di atas tak jauh berbeda. Hanya ada peningkatan guncangan saja ketika mobil harus melintas di jalanan berbatu. Sementara soal tingkat kebisingan, Agya terbaru terbilang cukup kedap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!