Jumlah Sepeda Motor di Indonesia Tembus 128 Juta Unit

Jumlah Sepeda Motor di Indonesia Tembus 128 Juta Unit

korannews.com – Sepeda motor masih menjadi transportasi atau kendaraan terpopuler di Indonesia. Kendaraan roda dua ini menawarkan berbagai pilihan harga paling murah jika dibandingkan moda transportasi lain. Serta bisa diandalkan menembus segala medan jalan.

Maka dari itu, tidak heran bila banyak pengemar atau pemilik motor di tanah air. Bahkan, jumlah sepeda motor pada tiap wilayah bertambah setiap harinya seiring dengan berbagai merek motor bermunculan di pasar otomotif nasional.

Menurut data Korlantas Polri, sampai dengan 18 Maret 2023, jumlah sepeda motor yang terdata mencapai 128 juta unit atau tepatnya 128.595.993 unit.

Padahal, berdasarkan catatan Korlantas Polri pada 9 Februari 2023, jumlah populasi sepeda motor adalah 127.976.339 unit. Artinya total kepemilikan sepeda motor alami peningkatan sekitar 0,48 persen dari bulan sebelumnya.

Namun, pada data tersebut tidak disebutkan apakah semua motor itu laik jalan atau tidak. Dari jumlah tersebut pula, diketahui ada empat wilayah di Indonesia dengan populasi kepemilikan motor terbanyak.

Pertama ialah Jawa Timur, kedua Jawa Tengah, ketiga Jakarta, dan keempat Jawa Barat.

Populasi motor di Jawa Timur paling tinggi mencapai 18.292.200 unit. Kemudian urutan kedua ada Jawa Tengah dengan jumlah sepeda motor 17.850.204 unit.

Wilayah dengan jumlah motor terbanyak ketiga ada DKI Jakarta yang mencatatkan 17.361.619 unit. Lalu yang terkahir atau wilayah dengan populasi sepeda motor terbanyak keempat ada Jawa Barat yakni 15.967.666 unit.

Banyaknya jumlah motor perlu mendapat perhatian serius, karena menurut data, pengendara motor juga menyumbang angka kecelakaan paling banyak.

Sementara itu, berdasarkan data kendaraan per pulau yang diterbitkan oleh laman korlantas.polri.go.id, Sabtu (19/3/2023), total kepemilikan kendaraan bermotor di Indonesia 154.141.832 unit.

Angka ini mencakup hasil dari akumulasi dari seluruh jenis kendaraan bermotor dari tiap pulau di Indonesia, yaitu mobil pribadi, bus, mobil barang, sepeda motor, hingga kendaraan khusus.

YouTube video player

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Exit mobile version