korannews.com – Kenaikan harga produk Bahan Bakar Minyak ( BBM ) di Indonesia menuai banyak kritikan dari masyarakat.

Bagi pengguna kendaraan bermotor untuk mobilitas sehari-hari tentunya mau tidak mau harus mengeluarkan anggaran lebih untuk membeli BBM.

Maka dari itu, berbagai cara kini dilakukan untuk mengatasi kenaikan BBM, salah satunya dengan melirik motor listrik .

Pengamat otomotif sekaligus dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu mengatakan jika pamor motor listrik akan naik di era BBM naik .

“Menurut saya di era kenaikan BBM ini permintaan untuk kendaraan roda dua akan meningkat sampai dua kali lipat dalam waktu yang singkat,” kata Yannes kepada Kompas.com, Senin (12/9/2022).


Selain karena masyarakat mulai tahu naiknya harga BBM terbaru, Yannes menyebutkan ada faktor lain yang membuat motor listrik makin banyak diminati.

Salah satunya yaitu biaya operasional pakai motor listrik yang dianggap lebih murah. Jika secara kalkulasi, biaya operasional motor listrik hanya seperlima dari motor yang menggunakan BBM.

“Apalagi dengan sekarang BBM naik itu jadi makin menarik. Jadi biaya operasional motor listrik akan lebih murah jika dibandingkan motor biasa,” kata Yannes.

Tidak hanya itu, motor listrik lebih sedikit memiliki suku cadang penggerak sehingga dari segi pemeliharaan sangat murah jika dibandingkan dengan motor menggunakan bahan bakar
Hanya saja permasalah ekosistem motor listrik yaitu harga listrik yang juga ikut naik.