Daftar Lengkap Jalan Tol yang Boleh Dimasuki Motor Menurut Bamsoet, Cipularang Termasuk?

Daftar Lengkap Jalan Tol yang Boleh Dimasuki Motor Menurut Bamsoet, Cipularang Termasuk?

korannews.com – Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pengelola jalan tol mengizinkan sepeda motor masuk ke dalam jalan tol . Dikatakan Bamsoet, hal ini dilakukan dengan cara pengelola menyiapkan jalur khusus bagi pengendara roda dua.

Bamsoet bahkan menjelaskan saat ini ada beberapa jalan tol yang cocok dimasuki sepeda motor. Untuk pelaksanaannya bisa belajar dari Tol Laut Mandara yang ada di Bali .

Dalam keterangannya, menurut Bamsoet ada beberapa tol yang bisa dibuatkan jalur khusus motor. Saat ini terhitung 5 tol sudah cocok untuk menerapkan kebijakan tersebut.

Adapun jalan tol yang bisa dibuatkan jalur khusus sepeda motor tersebut adalah: Tol Jagorawi, Tol Karawaci, Tol Depok-Antasari, Tol Cipularang .

Tol Trans Jawa. Kemudian pembuatan jalur khusus motor di jalan tol juga direncanakan ada di Tol Jagat Kerthi Toll Road Gilimanuk-Mengwi, Bali .

Bamsoet dalam keterangannya menjelaskan ada beberapa kelebihan jika motor diizinkan masuk jalan tol melalui lajur khusus. Salah satunya bisa mengurai kemacetan yang kerap kali terjadi di jalan raya.

“Keberadaan jalur spesial di jalan tol (untuk motor) akan memberikan banyak keuntungan. Di antaranya adalah membantu jutaan masyarakat Indonesia yang tak mampu untuk membeli kendaraan roda empat,” kata Bamsoet seperti diberitakan Pikiran-Rakyat.com sebelumnya.

“Selain itu bisa juga menghindari banyak kecelakaan fatal di jalan raya yang disebabkan oleh lubang, tertabrak, tabrak lari oleh mobil, menghindari kemacetan parah, dan lainnya,” ujarnya.

Selain itu kebijakan motor masuk jalan tol melalui jalur khusus juga bisa mendatangkan pemasukan baru.

“Ini juga bisa dilakukan untuk promosi turis melalui turing yang dilakukan komunitas motor, menambah pemasukan bagi pengelola jalan tol , hingga menekan angka kecelakaan sepeda motor di jalan raya,” ujarnya.***

Exit mobile version