korannews.com – Dalam tes MotoGP Misano, Italia, Honda membawa inovasi untuk motor musim depan. Salah satunya ialah paket aerodinamika yang diduga kuat terinspirasi dari motor Aprilia RS-GP22.

Bentuk sayap maupun fairing motor Honda RC213V lebih menonjol dengan bentuk lubang udara yang lebih bulat. Inovasi lain yang bisa terlihat ialah bagian belakang atau ekor yang lebih tebal.

Di atas kertas tidak masalah bahwa RC213V mengambil isyarat desain dari RS-GP22 karena tidak sama persis. Adapun prioritas Honda adalah mengejar ketertinggalan dengan merek lain.

Ada kabar Aprilia kesal idenya “dicontek” oleh Honda, namun buat pebalap pabrikan Aprilia, Aleix Espargaro justru bangga karena tandanya Aprilia berhasil mengembangkan motor yang bagus.

“Merupakan suatu kebanggaan bahwa pabrik sebesar Honda memiliki sayap, fairing, banyak hal yang sangat mirip dengan Aprilia. Sebuah kebanggaan juga untuk semua insinyur di Noale yang melakukan pekerjaan dengan baik,” kata Aleix, mengutip , Senin (12/9/2022).

Di satu sisi pendekatan Honda ini membuktikan bahwa pabrikan Jepang merasa mulai ketinggalan dalam hal evolusi dan adaptasi dari pabrikan Eropa semisal Ducati, KTM dan Aprilia.

Aprilia sendiri meningkat pesat pada musim 2022. Dua pebalapnya, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales mampu unjuk gigi di atas trek dan berhasil beberapa kali naik podium.