Sepatu Michael Jordan Laku dengan Harga Termahal dalam Sejarah Lelang

Sepatu Michael Jordan Laku dengan Harga Termahal dalam Sejarah Lelang

korannews.com – Sepasang sepatu sneakers yang pernah dipakai oleh pebasket legendaris Amerika Serikat (AS), Michael Jordan berhasil terjual seharga USD2,2 juta atau setara Rp32,5 miliar di New York, pada Selasa, 11 April 2023. Kabar tersebut disampaikan oleh rumah lelang Sotheby’s.

Menariknya, sepatu olahraga itu berhasil memecahkan rekor sebagai yang paling mahal dalam sejarah lelang.

Rekor sebelumnya untuk penjualan sepatu tercatat pada 2021, yaitu seharga USD1,5 juta untuk sepasang sepatu Air Jordans. Akan tetapi penjualan sepatu terbaru ini berhasil memecahkan rekor tersebut.

Brahm Wachter dari Sotheby’s mengatakan bahwa hal ini membuktikan bahwa permintaan terhadap memorabilia olahraga Michael Jordan tetap tinggi dan melampaui segala ekspektasi.

“Rekor terpecahkan hari ini dan membuktikan bahwa permintaan terkait memorabilia mantan pebasket NBA Micheal Jordan masih tinggi, bahkan melampau ekspektasi,” katanya seperti dilansir Pikiran-rakyat.com dari Deutsche Welle (DW) pada Kamis, 13 April 2023.

Penyelenggara lelang mengungkapkan bahwa Michael Jordan memberikan sepatu yang dijadikan koleksi itu kepada seorang penjaga bola setelah pertandingan NBA.

Akan tetapi, Sotheby’s menyatakan bahwa penjual sepatu ini bukanlah orang yang menerima hadiah dari Michael Jordan . Terkait identitas pembeli sepatu tersebut, rumah lelang tidak memberikan informasi rinci mengenai hal ini dengan alasan privasi.

Meskipun harga yang terjual berhasil memecahkan rekor, namun harganya ternyata jauh di bawah prediksi sebelumnya yang mencapai USD4 juta atau sekitar Rp59,1 miliar.

Sepatu sneakers ini menjadi terkenal karena pernah dipakai oleh Michael Jordan pada 1998 selama Game 2 final NBA, yang juga merupakan gelar kejuaraan NBA keenam dan terakhirnya.

Sebagai catatan, Michael Jordan yang saat ini berusia 60 tahun, menghabiskan sebagian besar karier basketnya bermain dengan tim Chicago Bulls.

Selama periode ini, Jordan berhasil memenangkan semua dari enam gelar kejuaraannya dengan tim berlambang banteng tersebut.***

error: Content is protected !!