Popprov II Papua ajang penjaringan atlet berprestasi

Popprov II Papua ajang penjaringan atlet berprestasi

korannews.com – Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Popprov) II Papua menjadi ajang penjaringan atlet berprestasi untuk diseleksi mengikuti ajang Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Palu, Sulawesi Tengah pada November 2022.

“Melalui ajang Popprov II Papua kami melihat dan mengawasi sejauh mana pembinaan prestasi atlet di tingkat pelajar di kota dan kabupaten, tetapi juga atlet akan disiapkan dalam persiapan Pra Popnas di Palu,” kata Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum Setda Provinsi Papua Triwarno Purnomo saat membuka Popprov II Papua di arena Kriket, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Senin.

Melalui ajang Popprov, Purnomo juga mengajak semua pemangku kepentingan untuk membangkitkan olahraga di tanah Papua dan juga di Indonesia.

“Tumbuhkan semangat berprestasi dan bertanding dengan sportifitas yang bermartabat karena itu akan menjadi suatu kebanggaan bagi Papua bahkan Indonesia,” ujarnya.

Dia menjelaskan sudah menjadi komitmen bersama bahwa setelah Papua dinobatkan sebagai provinsi olahraga maka langkah-langkah strategis harus diambil untuk bagaimana mengimplementasikan Bumi Cenderawasih tersebut sebagai provinsi olahraga.

“Sehingga pembinaan, penyelenggaraan dan perbaikan serta evaluasi seluruh cabang olahraga patut dilakukan demi pembinaan prestasi,” katanya lagi.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua Rivo Manangsang mengatakan Popprov II akan berlangsung pada 12-17 September 2022 dan mempertandingkan delapan cabang olahraga yakni sepak bola, sepak takraw, bola voli, bola basket, tenis lapangan, bulu tangkis, pencak silat dan tinju.

“Ajang Popprov II Papua diikuti sebanyak 510 atlet yang berasal dari 10 Kabupaten Merauke, Nabire, Jayawijaya, Deiyai, Asmat, Keerom, Biak Numfor, Memberamo Tengah dan Kabupaten Jayapura serta Kota Jayapura,” katanya.

Dia berharap melalui ajang Popprov II Papua akan bermunculan atlet berprestasi sekaligus mendengungkan Papua sebagai provinsi olahraga.

Untuk cabang sepak bola akan berlangsung di Lapangan pemanasan Lukas Enembe, sepak takraw di Venue Hoki Indoor, tinju Venue Hoki Indoor, bulu tangkis di GOR Bulutangkis Sentani (Barnabas Youwe), tenis Lapangan di Lapangan Sian Soor, Kantor Wali Kota Jayapura, bola voli di Lapangan Otonom Kotaraja sementara bola basket dan pencak silat akan berlangsung di Sarana Gedung Olahraga (SGO) Sentani.

error: Content is protected !!