Marquez rebut pole position MotoGP Portugal

Marquez rebut pole position MotoGP Portugal

korannews.com – Pebalap Repsol Honda Marc Marquez membuat kejutan pada sesi kualifikasi MotoGP Portugal, Sabtu, saat ia mencatatkan waktu tercepat 1 menit 37,226 detik untuk merebut pole position Sprint Race malam nanti dan balapan utama, Minggu.

Lap terbaik Marquez itu sekaligus mempertajam rekor lap di Sirkuit Algarve yang diciptakan Marquez lebih awal pada babak kualifikasi pertama.Sejumlah pebalap juga sempat memecahkan rekor sirkuit tersebut, sebelum Marquez melesat sebagai yang tercepat pada Q2 untuk merebut posisi start terdepan.

Tepat di belakang Marc, ada juara bertahan Francesco “Pecco” Bagnaia (Ducati Lenovo) yang terpaut 0,064 detik saja. Lebih lanjut, ada Jorge Martin (Ducati Prima Pramac) dengan catatan waktu total 1 menit 37,454 detik.

Selanjutnya, pebalap RNF Aprilia, Miguel Oliveira, dengan selisih waktu 0,174 detik dari Marc mengamankan posisi keempat.

Pebalap tercepat pada sesi latihan pada Jumat kemarin, Jack Miller (Red Bull KTM), berhasil finis di posisi kelima di depan Enea Bastianini (Ducati Lenovo), Maverick Vinales (Aprilia Racing), dan Marco Bezzecchi (Mooney VR46).

Sementara itu, posisi sembilan hingga 12 diisi oleh Luca Marini (Mooney VR46), Johann Zarco (Prima Pramac), Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha), dan Aleix ESPARGARO (Aprilia Racing), demikian laman resmi MotoGP.

Dengan format baru MotoGP musim ini, Sprint Race akan digelar setiap Sabtu sebelum sesi balapan utama pada sehari berikutnya. Sprint Race pun digelar setelah sesi kualifikasi 1 dan 2 selesai.

Lap yang harus ditempuh pada sesi Sprint Race berjumlah setengah dari jumlah lap yang akan digunakan saat sesi balapan utama.

Para pebalap akan memperebutkan poin yang bisa jadi tambahan di klasemen MotoGP.

Pemenang di Sprint Race mendapatkan 12 poin, peringkat kedua meraih 9 poin dan peringkat ketiga mendapatkan 7 poin. Selanjutnya dari peringkat keempat sampai kesembilan berturut-turut akan dapat 6, 5, 4, 3, 2, dan 1 poin. Sprint Race tidak akan berpengaruh pada starting grid di balapan utama.

error: Content is protected !!