Kapolri Sebut Agus Muslim Sulit Dideradikalisasi, Statusnya Masih Merah

Kapolri Sebut Agus Muslim Sulit Dideradikalisasi, Statusnya Masih Merah

korannews.com – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyebut Agus Sujatno alias Agus Muslim, sosok bomber bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung Jawa Barat sulit dideradikalisasi.

Diketahui, Agus merupakan mantan narapidana teroris (napiter) yang ditahan lapas Nusakambangan terkait kasus Bom Cicendo.

Listyo menyebut dalam proses deradikalisasi, Agus Muslim masih tergolong status merah atau masih menganut paham radikal sehingga sulit untuk dirubah.

“Yang bersangkutan sebelumnya ditahan/diproses di Nusakambangan, artinya dalam tanda kutip masuk kelompok yang masih merah,” ujar Sigit di lokasi, Rabu (7/12/2022).

Dia mengakui, proses deradikalisasi memanglah tak mudah.

Apalagi, Agus Muslim masih terafiliasi dengan jaringan terorisme Jemaah Ansharut Daulah (JAD) wilayah Bandung, Jawa Barat.

Agus, kata Listyo, cenderung selalu menghindar saat proses deradikalisasi.

“Tentunya untuk proses deradikalisasi tentunya membutuhkan teknik dan taktik yang berbeda karena yang bersangkutan masih susah untuk diajak bicara masih cenderung menghindar walaupun sudah mulai melaksanakan aktivitas,” ucapnya.

Lebih lanjut, Sigit memastikan, saat ini pihaknya masih terus mengusut kasus bom bunuh diri tersebut. Dia berharap agar kasus ini dapat segera dituntaskan.

“Kita minta pada seluruh rekan-rekan untuk bisa bantu kami dan seluruh tim agar bisa menuntaskan kasus ini agar maksimal. Seluruh tim sudah saya perintahkan untuk semuanya bergerak,” tukasnya.

Untuk informasi, Aksi dugaan bom bunuh diri terjadi di Polsek Astana Anyar, Bandung Jawa Barat.

“Iya dugaan bom bunuh diri TKP (Polsek) Astana Anyar Bandung,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan saat dihubungi, Rabu (7/12/2022).

Ramadhan menyebut dari informasi yang diterima jika terduga pelaku bom bunuh diri di Polsek tersebut meninggal dunia.

“Polsek Astana Anyar Polrestabes Bandung. Terduga pelaku bom bunuh diri meninggal,” singkatnya.

Saat ini, Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror tengah ke lokasi kejadian untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

Pelaku Acungkan Sajam

Kapolrestabes Bandung Kombespol Aswin mengatakan, kejadian yang diduga bom bunuh diri itu terjadi pada Rabu pagi pukul 08.20 saat sedang melakukan apel pagi.

“Tiba-tiba ada satu orang laki-laki masuk ke Polsek mengacungkan senjata tajam menerobos barisan apel pagi seketika anggota pada menghindar tidak lama kemudian ada ledakan,” kata dia dikutip dari live Kompas TV, Rabu (7/12/2022).

Ia menyebut, pelaku pembawa bom meninggal dunia di lobi Polsek Astanaanyar.

Langsung Datangi Lokasi Ledakan Bom di Bandung, Ridwan Kamil Lakukan Koordinasi dengan Polisi

Privacy Policy

We do not collect identifiable data about you if you are viewing from the EU countries.For more information about our privacy policy, click here

error: Content is protected !!