Digelar Akhir April, Penentuan Cabor SEA Games 2023 Kamboja Masih Belum Jelas

Digelar Akhir April, Penentuan Cabor SEA Games 2023 Kamboja Masih Belum Jelas

korannews.com – Penentuan cabang-cabang olahraga yang akan diikuti Indonesia di SEA Games XXXII/2023 Kamboja belum juga ada kejelasan. Sedangkan pelaksanaan SEA Games tinggal 12 hari lagi, mengingat cabang sepak bola akan memulai pertandingan pada 29 April 2023.

Padahal review cabang-cabang potensial menurut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Aryotedjo selesai dilakukan oleh pihaknya sejak Kamis, 6 April 2023. Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gunawan Suswantoro mengatakan bahwa kemungkinan pengumuman cabor SEA Games baru akan dilakukan selepas Hari Raya Idul Fitri.

Lalu, apa yang menjadi kendala? Gunawan tidak menjelaskan, tapi intinya menurut dia review sudah dilakukan termasuk bersama Komite Olimpiade (NOC) Indonesia dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan tinggal mengumumkan.

“Mungkin diumumkan setelah Lebaran. Kan hari kerjanya ini tinggal, Jumat, Senin, dan Selasa. Pak Menteri belum punya kesempatan menghadap Presiden. Karena agenda yang padat, jadi waktunya saja yang belum tepat,” katanya.

Menurutnya, meski menggelar pelatnas secepatnya, para atlet belum tentu akan diberangkatkan karena keputusan belum final. Gunawan akan menunggu kabar dari Menpora terkait strategi pengganti cabor potensi emas yang hilang, target, dan lainnya.

Seperti diketahui, cabang sepak bola akan menjadi cabor pertama yang akan memulai pertandingan SEA Games 2023 Kamboja. Timnas U22 akan bertolak menuju Phnom Penh, Kamboja pada 25/26 April 2023. Mereka akan melakoni laga pertama pada 29 April 2023 melawan Filipina.***

error: Content is protected !!