korannews.com – Kurang dari sebulan sebelum ulang tahunnya yang ke-40, Annemiek Van Vleuten menjuarai kejuaraan balap sepeda Vuelta putri pada Minggu sehingga menuntaskan rangkaian tur besar tahun ini.

Pada etape kelima dan terakhir menuju Madrid, pebalap Belanda dari tim Movistar ini selesai dengan aman dalam rombongan utama yang tepatnya tujuh detik di belakang juara etape hari ini, pebalap Italia Elisa Balsamo dari tim Trek-Segafredo.

Balsamo yang merupakan juara dunia road race mengungguli pebalap Belgia Lotte Kopecky dari tim SD Worx dan pebalap Italia Marta Bastianelli pada akhir sirkuit 96,5 km melalui jalan-jalan di Madrid tengah.

Dalam klasemen keseluruhan, Van Vleuten finis 1 menit 44 detik di depan pebalap Italia lainnya Elisa Longo, sedangkan pebalap Belanda lainnya, Demi Vollering, menempati urutan ketiga.

Van Vleuten memimpin setelah memenangkan etape ketiga bergunung dengan selisih lebih dari dua menit pada Jumat.

Balapan ini selesai di tempat yang sama dengan Vuelta putra yang juga berakhir di Paisaje de la Luz segera hari ini.

Vuelta tahun ini terdiri dari lima etape. Edisi pertama Tour des Femmes yang dimulai saat Tour putra mengakhiri etape dalam delapan etape. Giro Donne, yang diadakan setelah lomba sektor putra, terdiri dari 10 etape.

Van Vleuten yang merupakan juara Olimpiade 2020 juga menjuarai bapalapn klasik Liege-Bastogne-Liege musim ini.

Klasemen umum terakhir

1. Annemiek van Vleuten (Belanda/MOV) 12 jam 21 menit 46 detik

2. Elisa Longo Borghini (Italia/TFS) pada 1:44

3. Demi Vollering (Belanda/SDW) 2:11

4. Liane Lippert (Jerman/DSM) 2:34

5. Cecilie Ludwig (Denmark/FSF) 2:43