Ahsan-Hendra Ungkap Kunci Utama Lolos ke Final All England 2023

Ahsan-Hendra Ungkap Kunci Utama Lolos ke Final All England 2023

korannews.com – Mohammad Ahsan-Hendra Setiawan berhasil melaju ke laga puncak All England 2023 usai menaklukan wakil China Liang Wei Keng-Wang Chang. Pebulu tangkis dengan julukan The Daddies itu mengungkap kunci sukses menggenggam tiket final yaitu koordinasi dan komunikasi yang baik.

Tiket final diraih Ahsan-Hendra setelah menang atas wakil China pada babak semifinal yang digelar pada Sabtu, 18 Maret 2023 di Utilita Arena Birmingham, Inggris. The Daddies menang lewat permainan tiga set alias rubber gim 21-15, 19-21, 29-27 dalam permainan berdurasi 68 menit.

Pada pertandingan itu, pasangan Liang-Wang sempat mencoba mencari peruntungan dengan mengulur-ulur waktu. Namun, Ahsan-Hendra berhasil meladeni strategi lawannya itu dengan tetap tampil tenang.

“Kami tidak terlalu memikirkan saat lawan coba mengulur-ulur waktu. Kami hanya fokus pada komunikasi kami berdua, komunikasi dengan pelatih, mau berbuat apa di poin selanjutnya,” ujar Ahsan, dikutip dari Antara, pada Minggu, 19 Maret 2023.

Persaingan ketat dan menegangkan terjadi pada gim ketiga. Masing-masing pasangan berusaha mematikan pukulan lawan ketika poin menunjukkan skor 20-20. Tensi pertandingan meningkat pada situasi tersebut.

Ahsan mengatakan saat memasuki poin-poin kritis, pada situasi ini yang dibutuhkan adalah kepercayaan diri untuk dapat membalikkan keadaan. Keduanya berupaya mencari celah untuk berbalik unggul.

“Kami coba tampil terus maksimal di poin-poin kritis itu. Kami tidak tahu siapa yang bakal menang, kami hanya berupaya dan alhamdulillah kami bisa menang,” ujarnya.

“Walaupun tadi sudah unggul, kami tetap harus fokus. Lawan juga tidak mau kalah kan jadi kami fokus poin demi poin, tidak ada berpikir sudah unggul lalu tersusul,” kata Hendra.

Di samping itu, komunikasi dengan pelatih juga menjadi hal penting. Walhasil, tiket final turnamen BWF Super 1000 tersebut berhasil diraih The Daddies.

“Di gim ketiga, pelatih mengingatkan kami untuk mengatur tempo permainan. Jangan kencang-kencang terus, karena semakin kita main kencang, mereka malah semakin kencang juga. Jaga dan kontrol emosinya yang penting,” kata Hendra.

Bagi Ahsan-Hendra ini menjadi final All England ke-4 selama berkarir sebagai pebulu tangkis.

Pada babak final, Ahsan-Hendra akan menghadapi lawan senegara Fajar Alfian-Muhammad Rian Ardianto. Fajar-Rian yang menyandang unggulan pertama turnamen melaju ke final usai mengalahkan Bagas Maulana-Muhammad Shohibul Fikri. Fajar-Rian menang lewat permainan straight game alias dua set 21-18, 21-13.***

error: Content is protected !!