News  

Waktu yang Tepat Membaca Surat Yasin, Ini 3 Momen Pentingnya

Waktu yang Tepat Membaca Surat Yasin, Ini 3 Momen Pentingnya

Waktu yang Tepat Membaca Surat Yasin, Ini 3 Momen Pentingnya

Suara.com – Surah Yasin merupakan surah ke-36 dalam Al quran. Surah yang termasuk golongan surah Makkiyah ini terdiri 83 ayat. Kira-kira adakah waktu yang tepat membaca surat Yasin? Mari simak pembahasannya berikut ini. 

Diketahui, membaca Surat Yasin ini akan diberikan pahala dan berkah bagi siapa saja yang membacanya secara lengkap. Diketahui juga bahwa ada waktu-waktu yang tepat untuk membaca surat Yasin agar semakin sempurna pahala, berkah, dan manfaat yang kita peroleh.

Melansir dari sejumlah sumber, berikut ini waktu yang tepat membaca surat Yasin yang bisa Anda amalkan sesuai dengan hadis Rasulullah SAW.

1. Waktu Malam Hari

Baca Juga:
Kapan Waktu yang Tepat Membaca Surat Yasin?

Rasulullah SAW besabda dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam At Thabrani, Imam Al Bayhaqi, Abu Hurairah, dan Ad Darimi mengenai waktu yang tepat untun baca surat Yasin yaitu pada waktu malam hari. Adapun bunyi hadisnya sebagai berikut:

“Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridooan Allah maka diampuni dosa-dosanya”

2. Menjelang Ajal

Hadis Rasulullah SAW berikutnya yang menyebutkan mengenai waktu terbaik membaca surah Yasin yaitu pada malam hari saat menjelang ajal. Adapun bunyi hadis yang diriwayatkan Imam At Thabrani dan Imam Malik ini yakni sebagai berikut:

“Siapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam, kemudian ia mati, maka ia mati dalam keadaan syahid”

Baca Juga:
4 Keutamaan Surat Yasin, Manfaat Besar Jika Rajin Dibaca, Mati Syahid Hingga Kenikmatan Hidup

Meski waktu paling utama membaca surat Yasin adalah pada waktu malam hari, namun bukan berarti membacanya pada siang hari memiliki pahala sedikit. Membaca surah Yasin kapan pun waktunya, baik itu malam hari maupun siang hari, itu sama2 memiliki pahala bagi siapa saja yang membaca dalam keadaan suci.

3. Baca Yasin untuk Orang Yang Meninggal

Waktu terbaik untuk baca surat Yasin berikutnya yaitu saat membacanya untuk orang yang meninggal. Hal ini sejalan dengan hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Abu Daud, Imam Ahmad, Imam Ibnu Majah, Imam Nasai, dan Imam At Thabrani yang bunyinya sebagai berikut:

“Bacalah untuk orang mati di antara kamu, surat Yasin”

Sejumlah ulama menyampaikan, mengenai kapan waktu yang tepat membaca surat Yasin yaitu boleh saat seseorang sedang sakaratul maut atau  sekarat atau bisa juga saat sudah meninggal. Namun waktu yang tepat baca surat Yasin dari keduanya yaitu waktu seseorang sudah meneinggal.

Demikian pembahasan mengenai waktu yang tepat membaca surat Yasin menurut hadis Rasulullah SAW. Semoga tulisan ini bermanfaat. 

Kontributor : Ulil Azmi


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Exit mobile version