News  

Ayat Kursi Latin dan Artinya, Mengamalkannya Seperti Membaca Seperempat Alquran

Ayat Kursi Latin dan Artinya, Mengamalkannya Seperti Membaca Seperempat Alquran

Ayat Kursi Latin dan Artinya, Mengamalkannya Seperti Membaca Seperempat Alquran

Suara.com – Surah Al Baqarah ayat 255 atau yang juga disebut ayat kursi ini memiliki banyak keutamaan, sehingga dianjurkan untuk selalu dibaca oleh setiap Muslim seperti selepas sholat, sebelum tidur, dan pada waktu-waktu lainnya yang dianjurkan. Adapun bacaan ayat kursi latin dan artinya yakni sebagai berikut.

Diketahui, ayat Kursi sering dibacakan oleh Rasulullah SAW pada malam hari sebelum tidur. Ini bertujuan agar Allah SWT memberikan kita penjagaan dan perlindungan sepanjang malam. Selain itu, ayat kursi juga dianjurkan dibaca umat muslim selepas menunaikan ibadah salat. 

Tujuannya membaca ayat kursi selepas solat ini yaitu memohon agar mendapatkan ketenangan jiwa dan perlindungan Allah SWT dari segala macam godaan setan. Melansir dari sejumlah sumber, adapun bacaan ayat kursi latin dan artinya yakni sebagai berikut.

Bacaan Ayat Kursi Latin dan Artinya

Baca Juga:
Bagaimana Cara Mengembalikan Barang yang Hilang dengan Ayat Kursi?

Allohu laa ilaaha illaa Huwal Hayyul Qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa nauum, la Huu maa fis samawaati wa maa fil ardh, mann dzalladzii yasyfa’u ‘inda Huu, illa bi idznih, ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiituuna bisyayim min ‘ilmi Hii illaa bi maa syaa’, wa si’a kursiyyuus samaawaati walardh, wa laa yauudlu Huu hifdzuhumaa, wa Huwal ‘aliyyul ‘adziiim

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Keutamaan Membaca Ayat Kursi

Ayat Kursi adalah ayat Allah yang memiliki banyak keutamaan. Adapun keutamaan ayat kursi yakni sebagai berikut:

1. Terhindar dari gangguan setan 

Baca Juga:
Kapan Ayat Kursi Tidak Boleh Dibaca? Catat Waktunya Agar Tidak Berdosa

Keutamaan bagi yang mengamalkan ayat kursi yaitu terhindar dari gangguan setan jika dibaca sebelum tidur. Ini tercantum juga dalam hadis Nabi Muhammad SAW seperti yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori yang bunyinya seperti berikut ini

“Sesungguhnya siang dan malam itu ada 24 jam dan pada setiap 1 jam diangkat sebanyak 70 juta kebaikan bagi orang yang membacanya dan para Malaikat akan sibuk mencatat (besarnya kebaikan) dari bacaan itu.”

2. Dimudahkan Masuk Surga

Salah satu keutamaan ayat kursi yaitu dimudahkan masuk surga jika diamalkan usai solat fardhu/wajib. Hal ini termaktub dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Nasa’i yang bunyinya sebagai berikut: 

“Barangsiapa membaca ayat kursi setiap selesai shalat wajib, maka tidak ada yang bisa menghalanginya untuk masuk surga kecuali kematian.”

3. Keagungannya Melebihi Bumi dan Langit

Ayat kursi juga memiliki keutamaan sebagai ayat agung yang keagungannya melebihi bumi dan langit. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadis seperti yang diriwayatkan oleh Imam Titmidzi. Adapun bacaan hadisnya sebagai berikut:

“Seperti diceritakan Abdullah bin Mas’ud: “Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi (karena di dalam ayat tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah).” Sufyan ats-Tsauri berkata, “Sebab ayat kursi merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi.” 

4. Seperti Membaca Seperempat Alquran

Rasulullah SAW menyampaikan bahwa keutamaan membaca ayat kursi seperti membaca seperempat Alquran. Hal ini termaktub dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi seperti berikut ini:

“Sesungguhnya segala sesuatu pasti memiliki punuk dan punuknya adalah Al Quran adalah surat Al Baqarah dan di dalamnya terdapat penghulu dari ayat-ayat Al Quran yaitu, Ayat Kursi

“Bacalah Ayat Kursi karena dapat menjaga dirimu, anak-anakmu dan tempat tinggalmu serta rumah yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Apabila dibaca pada pagi hari dan petang hari maka akan aman dari gangguan jin. Apabila engkau membacanya ketika engkau hendak tidur maka Allah akan menjagamu sehingga setan tidak akan mampu mendekatimu hingga pagi hari.”

5. Melindungi Keluarga dan Harta

Keutamaan lainnya dengan mengamalkan Ayat Kursi sebagaimana hadis Rasulullah SAW yang tertuang dalam Tafsir Ibnu Katsir yang berbunyi sebagai berikut:

“Bacalah Ayat Kursi karena dapat menjaga dirimu, anak-anakmu dan tempat tinggalmu serta rumah yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Apabila dibaca pada pagi hari dan petang hari maka akan aman dari gangguan jin. Apabila engkau membacanya ketika engkau hendak tidur maka Allah akan menjagamu sehingga setan tidak akan mampu mendekatimu hingga pagi hari.”

Link Download Ayat Kursi Mp3 Legal

Bagi yang ingin mendengarkan ayat kursi secara offline, kamu bisa download ayat kursi versi MP3 melalui beberapa situs atau aplikasi legal seperti di bawah ini: 

• Ayat Kursi MP3 via Spotify

•  Ayat Kursi MP3 via Joox

• Ayat Kursi Video via Youtube

Nah demikianlah informasi mengenai bacaan ayat kursi latin dan artinya lengkap dengan keutamaan dan link download ayat kursi Mp3 legal. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Exit mobile version