korannews.com – Hacker Bjorka menjadi fenomena menarik sekaligus menakutkan dalam waktu yang sama.

Kemunculan Bjorka belakangan jadi sorotan masyarakat di jagat maya. Namanya melejit hingga dielu-elukan layaknya juru selamat.

Pasalnya setelah bocorkan data-data krusial pemerintah Indonesia hingga membuat para pemangku kebijakan kelabakan, kini Bjorka mulai menyentil pejabat satu per satu.

Sederet nama-nama besar yang jadi target sentilan Bjorka diantaranya, Ketua DPR RI, Puan Maharani , Menteri BUMN, Erick Thohir , Menteri Kominfo, Johnny G. Plate , hingga pegiat media sosial, Denny Siregar .

Baca Juga: Bjorka Dituding Pengalihan Isu, Kasus Ferdy Sambo Jadi Sorotan

Namun, seiring gencarnya aksi Bjorka , timbul spekulasi ada banyak hal janggal tentang hacker tersebut.

Dirangkumkan Pikiran-Rakyat.com, berikut hal-hal mengganjal tentang kemunculan ‘idola’ baru masyarakat ini.

Terlalu Frontal Mengungkap Motif

Setelah mengaktifkan akun Twitternya pada Jumat, 9 Agustus 2022, hacker Bjorka semakin gencar berinteraksi dengan warga Indonesia, termasuk blak-blakan buka motifnya kepada publik.

Bjorka mengaku ingin membenahi kinerja para pemangku kuasa di Indonesia sehingga rakyatnya sejahtera, demi menunaikan mimpi sahabat yang telah dia anggap sebagai orang tua asuh.

Baca Juga: Heboh Bjorka Bongkar Data Pemerintah, Sapa Puan Maharani hingga Beberkan Kasus Pembunuhan Munir

Sosok tersebut sontak menjadi sorotan warganet, lantaran Bjorka menyebutkan bahwa temannya ini merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuang pada tahun 1965 dan menetap di Polandia.

Untuk diketahui, pada 1965, WNI yang tergabung ke dalam blok timur akan diasingkan sehingga tidak bisa kembali ke Indonesia selamanya.

Cuitan dinilai begitu janggal karena dengan mengungkap hal-hal tersebut, informasi yang dia bagikan dapat dengan mudah dikerucutkan supaya pemerintah bisa menangkap sosok Bjorka pada akhirnya.

Punya Akun Telegram dan Aktif di Twitter

Bjorka diketahui aktif di Twitter dan memiliki akun telegram untuk berinteraksi dengan warganet. Melalui kedua platform tersebut, dirinya secara terbuka memberi tahu langkah yang akan diambil berikutnya.

Baca Juga: Bjorka Berulah Lagi! Denny Siregar Ikut Terseret, Netizen: Banyak Banget Nomornya Kerja di Konter?

Menurut sebagian warganet, tindak-tanduk Bjorka lebih mirip hacker pemula yang sedang cari perhatian dan aji mumpung dengan ketenaran super cepat ini.

Sebagian lagi mengendus Bjorka hanya sebatas menembus keamanan siber namun kemampuannya tak lebih dari itu.

Materi pembunuhan Munir yang dia bongkar nyatanya dinilai hanya rangkuman dari berita-berita yang sudah lama beredar.

Oposisi Jelang Pemilu

Terhitung sejak aktif di sosial media, Bjorka sudah meretas data-data pribadi pejabat petahana, atau yang sedang menjabat di tubuh pemerintahan.

Baca Juga: Respons Denny Siregar Usai Datanya Dibocorkan Bjorka: Ngaku Hacker Internasional, Tapi Kok Tau Denny Siregar?

Spekulasi liar lain muncul, Bjorka merupakan hacker yang disewa oposisi, jelang kontestasi pemilu 2024 yang tinggal dua tahun lagi.

Dituding Sewaan Sambo

Tudingan lain yang tak kalah liar adalah Hacker Bjorka dianggap merupakan salah satu antek sewaan Ferdy Sambo (FS), tersangka sekaligus dalang di balik kematian Yoshua Hutabarat (Brigadir J).

Hal ini lantaran, semua kehebohan yang dia lakukan bertepatan dengan pengungkapan kasus pembunuhan oleh Sambo yang hingga saat ini masih berjalan.

Sejak ada Bjorka , kasus Sambo seolah tenggelam dan terpinggirkan. Beberapa warganet memunculkan kecurigaan nama Bjorka sengaja pancing atensi untuk mengalihkan perhatian publik dari Sambo. ****