korannews.com – Moskow dikabarkan meninggalkan benteng utamanya di timur laut Ukraina pada Sabtu (11/9/2022) waktu setempat. Hal itu setelah pasukan Ukraina membuat kemajuan pesat dalam pertempuran di garis depan wilayah tersebut.

Jatuhnya Izium dengan cepat di provinsi Kharkiv merupakan kekalahan terburuk Moskow sejak pasukannya dipaksa mundur dari ibukota Kyiv pada Maret lalu.

Dilansir dari Reuters, Ukraina memujinya sebagai titik balik dalam perang 6 bulan dengan ribuan tentara Rusia meninggalkan persediaan amunisi dan peralatan saat mereka melarikan diri.

Diketahui Pasukan Rusia menggunakan Izium sebagai basis logistik untuk salah satu kampanye utama mereka, yaitu serangan selama berbulan-bulan dari utara di wilayah Donbas, terdiri dari Donetsk dan Luhansk.

Kantor berita TASS mengutip melaporkan Kepala administrasi Rusia di Kharkiv mengatakan kepada penduduk untuk mengevakuasi provinsi dan melarikan diri ke Rusia untuk menyelamatkan diri. Pasukan Rusia diperintahkan untuk memperkuat operasi di tempat lain di Donetsk.

Pengumuman penarikan Rusia datang beberapa jam setelah pasukan Ukraina merebut kota Kupiansk lebih jauh ke utara, satu-satunya pusat kereta api yang memasok seluruh garis depan Rusia di timur laut Ukraina. Pejabat Ukraina memposting foto pada Sabtu pagi tentang pasukan mereka yang mengibarkan bendera biru-kuning negara itu di depan balai kota Kupiansk.

Hal ini membuat ribuan tentara Rusia tiba-tiba terputus dari pasokan di sepanjang front yang telah menyaksikan beberapa pertempuran paling intens dalam perang.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan, pasukan Ukraina telah menunjukkan bahwa mereka mampu mengalahkan tentara Rusia. “Jadi saya tegaskan lagi. Semakin banyak senjata yang kita terima, semakin cepat kita menang, dan semakin cepat perang ini akan berakhir,” katanya, dikutip Minggu (11/9/2022).

Presiden Volodymyr Zelensky pun mengatakan angkatan bersenjata Ukraina telah memulihkan sekitar 2.000 kilometer persegi (770 mil persegi) wilayah sejak serangan balasan diluncurkan awal bulan ini.