korannews.com – Ia menjadi pemimpin kerajaan dengan kekuasaan terlama di Eropa, pasca wafatnya Ratu Inggris Elizabeth II. Margrethe, 82 tahun, kini menjadi satu-satunya perempuan di dunia yang memimpin kerajaan.

Margrethe meminta pengadilan untuk menyesuaikan program perayaan pada Sabtu (10/9) dan Minggu (11/9). Salah satunya, dengan membatalkan penampilannya di balkon Istana Amalienborg untuk menyapa para warga dan parade keliling ibu kota Denmark, Copenhagen, dengan menaiki kereta kuda.

Perayaan pada Minggu (11/9) mencakup misa di gereja dan jamuan makan siang oleh Margrethe di atas kapal kerajaan Denmark, Dannebrog, untuk para pasangan kerajaan dan para presiden dari negara-negara Nordik lain, yakni Finlandia, Islandia, Norwegia dan Swedia.

Gala musik dan teater untuk menghormati kerajaan Denmark diadakan pada Sabtu (10/9) malam, sedangkan jamuan makan malam di Istana Christiansborg diadakan pada Minggu (11/9) malam.

Margrethe diangkat sebagai ratu pada 15 Januari 1972, sehari setelah ayahnya, Raja Frederik IX, meninggal dunia karena sakit.