Petugas damkar Lampung Selatan tangkap ular sanca di rumah warga

Petugas damkar Lampung Selatan tangkap ular sanca di rumah warga

korannews.com – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan mengevakuasi seekor ular sanca dari salah satu rumah warga di Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan pada Rabu malam.

Kepala Bidang Damkar pada Dinas Damkarmat Lampung Selatan, Rully Fikriansyah membenarkan bahwa pihaknya telah mengevakuasi ular jenis sanca dari rumah warga.

“Seorang warga bernama Pak Yusro Ali, melaporkan adanya seekor ular sanca di pekarangan rumah,” kata Rully Fikriansyah saat dikonfirmasi di Kalianda, Kamis.

Setelah itu, tim penyelamat Damkar Lampung Selatan langsung turun ke tempat kejadian guna dilakukan penangkapan dan evakuasi atas ular tersebut.

“Jarak Posko Kalianda dan rumah pelapor tidak terlalu jauh, sehingga pukul 21.35 WIB petugas sudah tiba,” kata dia.

Dia mengatakan, setelah ular sanca tersebut diamankan, petugas membawa dan melepaskan ular tersebut ke tempat yang jauh dari pemukiman warga.

“Ular sanca dengan panjang sekitar 3 meter berhasil ditemukan petugas di pekarangan rumah, sehabis memangsa seekor ayam,” ujar dia.

Atas kejadian tersebut, salah seorang warga mengatakan pihaknya khawatir dengan ditemukan ular tersebut, dengan ukuran sebesar itu, kemungkinan masih banyak anak ular yang berkeliaran.

Ruly mengimbau agar warga segera melapor ke Pos Damkar apabila menemukan ular sanca ataupun sejenis lainnya yang bisa membahayakan warga di lingkungan tempat tinggal.

“Petugas kami punya keahlian dan siap membantu evakuasi hewan berbisa, seperti ular. Warga jangan evakuasi sendiri, karena sangat berbahaya bahkan dapat mengancam nyawa,” katanya.*

error: Content is protected !!