korannews.com – Pertahanan Persiba Balikpapan menjadi sorotan setelah tim berjuluk Beruang Madu itu kalah 2-3 dari Putra Delta Sidoarjo pada pertandingan Liga 2 Indonesia di Gelora Soeprijadi, Blitar, Minggu (11/9).

“Anak-anak harus lebih disiplin lagi dalam bertahan. Juga tenang dan menjalankan instruksi yang sudah diberikan,” kata Pelatih Persiba Ilham Romadhona, Senin.

Dalam dua pertandingan terakhir, gawang Persiba kebobolan 4 kali. Satu saat lawan Persipura Jayapura dan 3 kali oleh Putra Delta. Hanya saja, saat lawan Persipura, Beruang Madu berhasil bangkit dan mencetak dua gol untuk memenangi pertandingan. Ketika melawan Putra Delta, Persiba juga berhasil mencetak dua gol balasan namun gagal menyamakan kedudukan.

Hasil tiga kali pertandingan ini juga membuat selisih gol memasukkan dan kemasukan Persiba 0 alias impas, memasukkan 4 dan kemasukan juga 4.

“Setelah kita berhasil cetak dua gol, lawan bertahan total,” tutur Ilham. Padahal sebelumnya, kedua tim bermain terbuka dan jual beli serangan.

Dari hasil tersebut, sekali lagi menurut Ilham, anak-anak latihnya perlu dipoles lagi dalam bertahan. Bertahan dengan baik dan tidak kebobolan adalah satu cara untuk mempertahankan keunggulan dan meraih kemenangan.

Di sisi lain, pelatih yang semasa bermain di pertengahan tahun 1990an menjadi bagian dari proyek tim nasional PSSI Primavera dan bermain di Italia itu, juga bersyukur Yusuf Effendi dan kawan-kawan tak ada yang cedera.

Dalam lawatan ke Blitar ini, Persiba tanpa diperkuat kiper Riki Pambudi yang sebelumnya sudah dua kali menjadi pilihan pelatih di bawah mistar gawang. Persiba juga tanpa striker Yogi Novrian.

Dalam laga tersebut gawang Persiba dijaga Rafit Ikhwanudin Dzulfikar. Pada babak pertama tuan rumah unggul 2-1 melalui Husnuzhon di menit ke-17 dan Indra Kurniawan pada menit ke-27.

Persiba yang ngotot mampu membalas melalui Aji Kusuma pada menit ke-40 dan ke-62, namun sebelumnya Putra Delta Sidoarjo mencetak gol kemenangan melalui Flabiola Soares pada menit ke-50.

Stiker PDS Indra Kurniawan pernah setahun berkostum Persiba di musim 2018-2019 dan mencetak gol kemenangan Persiba saat tandang ke Stadion Rondong Demang untuk melawan tuan rumah Mitra Kukar. Gol itu juga menjadi satu-satunya gol Indra untuk Persiba.

Hingga pertandingan ketiga ini, Persiba mengantongi nilai 4, hasil sekali seri, sekali menang, dan sekali kalah. Setelah sempat merasakan menjadi pemuncak klasemen Liga 2 Wilayah Timur, tim Beruang Madu untuk sementara kembali ke posisi tengah di peringkat ke-6 dengan nilai 4 lantaran Persipura berhasil menang di Manado lawan Sulut United.