korannews.com – Hari Senin lagi, awal pekan lagi.

Sambil menyiapkan pekan yang baru, baca dulu sejumlah berita utama dari pelosok dunia yang terjadi dalam 24 terakhir yang telah kami rangkumdi Dunia Hari Ini, edisi 12 September 2022.

Bjorka mengaku sudah meretas surat menyurat milik Presiden Joko Widodo, termasuk surat Badan Intelijen Negara (BIN).

Ia juga mengaku telah mengunggah total 679.180 dokumen berukuran 40 Mega Byte (MB) dalam bentuk data terkompres.

Sejumlah contoh dokumen juga dicantumkan dalam unggahan yang diberi judul, antara lain: “Permohonan Dukungan Sarana dan Prasarana”, “Surat Rahasia kepada Presiden dalam amplop tertutup” dan “Gladi Bersih dan Pelaksanaan Upacara Bendera pada Peringatan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2019.”

Aksinya telah mendapat tanggapan Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono, yang mengatakan tidak ada isi surat apa pun yang terkena peretasan.

Sebelumnya, Bjorka juga mengaku telah meretas dan berusaha menjual 1,3 miliar data registrasi SIM card milik masyarakat Indonesia.

Setidaknya empat orang meninggal dunia setelah gempa berkekuatan 7,6 pada skala richter mengguncang kawasan timur Papua Nugini.

Gempa yang terjadi sekitar pukul 10 pagi kemarin ini juga mengakibatkan kerusakan gedung dan bangunan, serta sejumlah infrastruktur penting.

Pusat gempa berada sekitar 67 kilometer timur kota Kainantu dan 80 kilometer barat laut kota Lae, dan getarannya terasa sampai di ibu kota Port Moresby yang berjarak 500 kilometer jauhnya.

Laporan lengkap kerusakan dan korban akibat gempa ini belum bisa didapat karena lokasi di sekitar pusat gempa yang cukup terpencil.

Pada peringatan peristiwa 11 September di Amerika Serikat kemarin, Presiden Joe Biden telah bersumpah untuk “tidak akan pernah” melupakan mereka yang menjadi korban akibat serangan tersebut dan “tidak akan menyerah” pada terorisme.

Hampir 3.000 orang tewas dalam serangan ketika pembajak Al Qaeda menabrakkan pesawat ke menara World Trade Center New York dan ke Pentagon di Arlington, Virginia, 21 tahun yang lalu.

“Saya harap kita ingat di tengah yang hari-hari kelam itu, kita telah bersama-sama menggali lebih dalam, kita saling peduli, dan kita bersatu.”

Presiden Biden juga meminta rakyat Amerika untuk menjaga demokrasi.

Sebelumnya, Biden pernah mengingatkan bahaya dari “ideologi ekstrem” dari mantan presiden Donald Trump dan rombongan para “MAGA (Make America Great Again) republikan,” yang menurutnya merupakan ancaman untuk demokrasi Amerika.

Warga desa Ballater di Skotlandia menjadi orang-orang yang pertama kali menyambut iring-iringan pemakaman Ratu, saat mobil jenazah Ratu berhenti di sana dalam perjalanan enam jam dari Kastil Balmoral ke Edinburgh.

Peti jenazah Ratu tadinya disemayamkan di Balmoral sejak kematiannya pada 8 September.

Ditemani oleh Putria Anne, peti jenazah Ratu itu dibawa ke Istana Holyroodhouse di Edinburgh, dan diletakkan di ruangan singgasana.

Rombongan prosesi meninggalkan Balmoral pukul 10 waktu setempat atau pukul 16.00 WIB dan berjalan melalui timur laut Skotlandia, dengan tiga kali pemberhentian agar pejabat dan rakyat bisa memberikan penghormatannya yang terakhir.