Pejabat Pajak Wahono Saputro Bungkam Lagi Usai Diperiksa KPK Hari Ini

Pejabat Pajak Wahono Saputro Bungkam Lagi Usai Diperiksa KPK Hari Ini

korannews.com – Kepala Kantor Pajak Madya Jakarta Timur Wahono Saputro memilih bungkam lagi saat keluar dari gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ), Kamis (16/3/2023).

Adapun Wahono hari ini dimintai keterangan terkait penyelidikan eks pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Rafael Alun Trisambodo.

Pantauan Kompas.com, Wahono turun dari ruang pemeriksaan sekitar pukul 17.39 WIB. Setelah mengurus administrasi di resepsionis, ia keluar dari lobi gedung KPK dengan dibantu oleh petugas keamanan.

Saat dihujani pertanyaan wartawan, Wahono memilih bungkam. Ia hanya mengatupkan kedua tangannya di depan dada seperti orang meminta maaf.

Wahono tak mau menjawab pertanyaan mengenai pemeriksaan hari ini, kepemilikan saham istrinya bersama istri eks pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Rafael Alun Trisambodo.

Ia hanya diam sembari terus berjalan menuju jalan Kuningan Persada.

Setelah itu, Wahono dijemput mobil Innova hitam berpelat merah.

Ditemui di gedung Merah Putih, Juru Bicara Pencegahan KPK, Ipi Maryati Kuding mengatakan, Wahono tidak dipanggil untuk menjalani klarifikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

“Saya kira teman-teman bisa menduga itu dari kalung yang digunakan, tapi kami sampaikan saat ini, kami konfirmasi bahwa agenda yang dilakukan terkait dengan kehadiran Wahono hari ini di gedung KPK tidak terkait dengan klarifikasi LHKPN,” kata Ipi.

Adapun dalam pemeriksaan hari ini, Wahono mengenakan kartu tanda pengenal dengan lanyard berwarna mewah. Kalung tersebut biasanya digunakan oleh orang yang dipanggil oleh Direktorat Penyelidikan atau Penyidikan KPK.

Sementara itu, Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri mengatakan, Wahono tidak diperiksa sebagai saksi. Sebab, Rafael saat ini masih dalam tahap penyelidikan.

“Kalau proses penyelidikan kan bukan sebutannya saksi, orang yang diperiksa, jadi terperiksa. Bukan klarifikasi LHKPN,” kata Ali.

Pada Selasa, (14/3/2023), Wahono juga diperiksa KPK. Usai diperiksa, dia bungkam tak menjawab pertanyaan wartawan.

Saat itu, dia dipanggil KPK karena nama istrinya tercatat sebagai pemilik saham di perusahaan properti seluas 6,5 hektar milik istri Rafael Alun Trisambodo, Ernie Meike di Minahasa Utaru, Selasa Utara.

Wahono sebelumnya menjadi sorotan karena terkait dengan eks Pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Rafael Alun Trisambodo.

Istri Wahono disebut memiliki saham di perusahaan properti semhas 6,5 hektar milik istri Rafael, Ernie Meike di Minahasa Utara.

“Dia (Wahono Saputro) nyangkut di nama perusahaan ini, istrinya ada di sana bersama dengan istri RAT (Rafael Alun Trisambodo). Oleh karena itu, kita undang Beliau untuk klarifikasi Minggu depan,” kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Rabu (8/3/2023).

KPK pun menjadwalkan klarifikasi harta kekayaan Wahono pada Selasa (14/3/2023). Usai menjalani klarifikasi selama 7 jam, ia tak mau menjawab satupun pertanyaan wartawan.

Adapun Rafael dicurigai melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Ia diduga menggunakan nominee untuk menyamarkan harta kekayaannya.

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) telah memblokir lebih dari 40 rekening Rafael, keluarganya, dan sejumlah pihak yang terkait dengannya. Nilai mutasinya mencapai lebih dari Rp 500 miliar.

Ia juga memiliki safe deposit box di bank BUMN berisi Rp 37 miliar dalam pecahan mata uang asing. Uang itu diduga bersumber dari suap.

Saat ini, perkara Rafael sedang diselidiki KPK.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Apa nama Danau Vulkanik di Indonesia, yang menjadi salah satu danau terbesar di Dunia?

Dapatkan saldo e-wallet untuk 10 orang yang beruntung dengan mengikuti Kuis Travel berikut ini!

Di Provinsi manakah Sirkuit International Mandalika sebagai salah satu venue dari gelaran MotoGP dan Superbike 2022?

Apakah candi Budha terbesar di dunia yang terdapat di Indonesia dan menjadi warisan budaya dunia?

Dibawah ini, manakah suku yang bukan berasal dari Pulau Kalimantan?

Pulau apakah yang dijuluki ‘The Last of Paradise’ di Indonesia?

E-mail

Isi data dirimu untuk keperluan pendataan dan pengiriman hadiah ya

No. Handphone

Nama Lengkap

Provinsi Domisili

Kota/Kabupaten Domisili

Tahun Lahir

Apakah Anda sudah terlindungi dengan Asuransi?

Jenis perlindungan apa yang Anda butuhkan?

Terima kasih atas partisipasinya!

Silahkan login dengan KG Media ID untuk melanjutkan survey

Exit mobile version