korannews.com – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengungkapkan TNI Angkatan Laut akan menggelar latihan bersama Unites States Navy bertajuk Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) pada November 2022.

Rencananya, US Navy akan mengerahkan jet tempur siluman F-35 dalam latihan ini.

“Tahun ini saja kita ada dua kalau tidak salah Angkatan Laut. Satu, latihan bersama CARAT, November kira-kira, itu dengan Amerika Serikat,” kata Andika saat memberikan sambutan dalam pameran Naval Expo di Balai Samudera, Jakarta, Minggu (11/9/2022).

Menurut Andika, latihan ini akan sangat bersejarah bagi TNI AL . Sebab, agenda tersebut akan menjadi kali pertama bagi TNI AL merasakan latihan bersama jet tempur siluman F-35.

“Karena apa, karena untuk pertama kalinya, latihan ini mengerahkan kapal amphibious. Berarti yang lebih besar dari fregat, tapi juga dengan pesawat tempur F-35 Stealth pertama kali dalam sejarah,” ujar mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) tersebut.

Andika pun meminta agar Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono memanfaatkan betul momentum latihan ini.

Ia juga mengingatkan supaya TNI AL tidak hanya menerjunkan prajurit senior, tetapi juga prajurit generasi baru, agar mendapatkan pengalaman latihan.

“Generasi junior, generasi yang senior semuanya diikutkan supaya tidak menghilang begitu saja. Generasi pendahulu sebelum dan saat ini belum ada yang mengalami itu,” imbuh Andika.