korannews.com – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memuji Angkatan Laut yang dianggapnya telah melakukan upaya maksimum di tengah keterbatasan anggaran.

Hal itu diungkapkan Andika di hadapan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono, ketika meninjau pameran industri kemaritiman/Naval Expo di Balai Samudera, Jakarta, Minggu (11/9/2022).

Andika Perkasa menyampaikan hal itu ketika ditanya mengenai pesannya terhadap Angkatan Laut yang baru berulang tahun pada 10 September 2022.

“Saya yakin TNI AL sudah berusaha yang terbaik. Saya bisa melihat, baik dari latihan-latihan, pengadaan,” kata Andika kepada awak media.

“Saya lihat TNI AL adalah organisasi yang sudah berlari dengan kecepatan maksimal dengan anggaran yang dimiliki,” ujarnya lagi.

Andika Perkasa melanjutkan, anggaran yang dimiliki Angkatan Laut maupun Kementerian Pertahanan secara umum terkait alat utama sistem pertahanan ( alutsista ) harus dimanfaatkan secara efisien.

Ia berharap, TNI AL dapat bersiasat dengan anggaran yang ada untuk cermat dalam melakukan pengadaan yang efisien tetapi tidak mengurangi kualitasnya.

Kemudian, Andika Perkasa mengatakan, Naval Expo yang ditinjaunya adalah salah satu langkah penting bagi TNI AL.

“Karena apa? Karena alutsista konvensional makin ke sini makin banyak penggantinya,” kata Andika.

“Barang-barang atau alutsista atau pemain yang tidak kreatif, menggunakan teknologi yang biasa-biasa saja, cepat atau lambat akan diambil alih oleh mereka yang kreatif menggunakan teknologi yang lebih baru sehingga lebih murah,” lanjutnya.