Pangdam: Pilot Gobay berupaya pasok senjata untuk KSB

Pangdam: Pilot Gobay berupaya pasok senjata untuk KSB

korannews.com – Pangdam XVII Cenderawasih Mayor Jenderal TNI Muhammad Saleh Mustafa mengatakan pilotAnton Gobay yang ditangkap pihak berwenang di Filipina pada Sabtu, 7 Januari 2023, berupaya memasok senjata api untuk kelompok sipil bersenjata di Papua.

“Memang ada laporan terkait senjata api yang dimilikinya yang diduga akan dipasok untuk KSB(kelompok sipil bersenjata) di Papua,namun sebelum terealisasi Anton Gobay yang berprofesi sebagai pilot itu ditangkap. Kami masih mendalami apakah yang bersangkutan pernah memasok senjata api atau ini yang pertama,” kata Pangdam kepada ANTARA di Jayapura, Papua, Sabtu.

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Papua Komisaris Besar PolisiFaizal Rahmadani secara terpisah mengatakan dari data yang dimiliki,Anton Gobay pernah ditangkap pada tahun 2014 di Nabire saat sebelum sekolah penerbangan di Manila, Filipina.

Anton Gobay aktif di KNPB(Komite Nasional Papua Barat) Nabire dan punya jaringan ke Sebby Sambon serta KSB.

“Dia baru mau mencoba menjual 12 pucuk senjata api, di antaranya 10 jenis AR 15 yang dikumpulkan di Filipina untuk dijual ke Papua, namun belum dipastikan ke kelompok mana karena senjata itu akan dijual ke penawar dengan harga tertinggi,” jelas Faizal.

Dari laporan yang diterima, tambah Faizal, saat ini Anton Gobay tidak dalam pekerjaan pilotnya.

“Sementara ini Anton Gobay tidak dalam posisi pekerjaan sebagai pilot di maskapai penerbangan mana pun,” tambahnya.

KSB atau KKB adalah kelompok yang sama. TNI menyebutnya KSB, sedangkan Polri menyebutnya KKB(kelompok kriminal bersenjata).

Kelompok tersebut seringkali melakukan aksi teror berupa penembakan ke warga sipil dan TNI-Polri serta berupaya memisahkan Papua dari NKRI.

error: Content is protected !!