OIKN-Unmul kerja sama bangun kawasan penyangga IKN

OIKN-Unmul kerja sama bangun kawasan penyangga IKN

korannews.com – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bersama Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, Kalimantan Timur sepakat melakukan kerja sama membangun Ibu Kota Nusantara (IKN) dan kawasan penyangga untuk meningkatkan SDM, ekonomi, dan lainnya.

“Terdapat tiga hal yang dapat dikembangkan oleh Unmul dalam kerja sama tersebut, pertama adalah sociocultural anthropology (antropologi sosial dan budaya),” ujar Kepala OIKN Bambang Susantono dalam rilis Tim Komunikasi OIKN yang diterima di Samarinda, Minggu.

Kedua adalah tentang penelitian tentang life science, terutama mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan kekayaan keanekaragaman hayati yang masih kurang dilakukan penelitian, dan yang ketiga adalah pengembangan ekonomi lokal.

Kerja sama tersebut, katanya, sudah dilakukan penandatanganan nota kesepakatan dan kesepahaman atau MoU oleh Bambang Susantono dengan Rektor Unmul Samarinda Abdunnur di IKN, pada Rabu (8/3/2023).

Dalam nota kesepahaman ini OIKN dan Unmul bersepakat memperkuat kerja sama dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM), pemberdayaan masyarakat lokal, penguatan kerja sama di bidang ekonomi, pangan, energi, dan kesehatan dengan daerah penyangga.

Kemudian pembangunan berwawasan lingkungan dan konservasi keragaman hayati di kawasan IKN dan daerah sekitarnya, termasuk sepakat melakukan berbagai kegiatan lain yang berkaitan dengan kawasan penyangga IKN.

Penandatanganan kesepahaman pada empat hari lalu, merupakan hari bersejarah bagi kedua pihak, karena hal itu merupakan MoU pertama yang ditandatangani di tanah Nusantara.

“Bayangkan, 30 tahun lagi anak cucu kita akan membuka buku sejarah di mana Ibu Kota Nusantara dibangun, salah satu yang pertama adalah MoU antara Otorita IKN dan Universitas Mulawarman,” ujar Bambang.

Sementara itu, Rektor Unmul Abdunnur mengataan penandatanganan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan dengan pejabat OIKN sebelumnya, sehingga setelah ini akan dilanjutkan dengan aksi nyata untuk mendukung pembangunan IKN dan daerah sekitarnya.

“Seluruh civitas akademik Unmul mendukung pembangunan IKN, tentu kami dengan segenap potensi yang ada ingin berkontribusi langsung demi kemajuan Nusantara,” katanya.

Exit mobile version