Mudik Gratis Kemenhub 2023 Dibuka Besok, Berikut Syarat dan Cara Daftarnya

Mudik Gratis Kemenhub 2023 Dibuka Besok, Berikut Syarat dan Cara Daftarnya

korannews.com – Menjelang musim mudik yang kian dekat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun mulai mempersiapkan pendaftaran mudik gratis bagi masyarakat yang hendak pulang kampung menjelang Lebaran 2023.

Mudik gratis ini dibuka dari titik awal di Jakarta menuju 28 tujuan rute yang ada di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Lampung, bahkan hingga Sumatra Selatan. Di samping itu, untuk kembali ke Jakarta juga disediakan angkutan gratis, yang titik awalnya berada di 8 kota dari Pulau Jawa, dengan tanggal pemberangkatan mulai 18-19 April 2023 mendatang.

Perlu diketahui juga, bahwa pendaftaran mudik gratis dari Kemenhub tahun 2023 ini dibuka mulai 13 Maret 2023 hingga 14 April 2023. Namun, pendaftaran akan ditutup sewaktu-waktu jika kuota sudah terpenuhi.

“Mudik Gratis Bus Kemenhub 2023 kembali hadir dan kalian bisa mulai melakukan pendaftaran pada 13 Maret 2023-14 April 2023 (akan ditutup apabila kuota sudah terpenuhi),” kata Ditjen Darat Kemenhub dalam pengumuman mudik gratis.

Selain itu, mudik gratis yang dibuka Kemenhub juga memberikan fasilitas angkutan sepeda motor secara gratis. Layanan tersebut hanya dibuka di 5 kota di Pulau Jawa. Adapun angkutan motor gratis ini diselenggarakan pada arus mudik dan juga arus balik.

Bagi masyarakat yang berniat untuk mendaftar fasilitas mudik gratis, ada baiknya jika mengetahui terlebih dahulu syarat dan ketentuannya. Adapun beberapa syarat dan ketentuan bagi peserta yang akan menikmati layanan mudik gratis bus Kemenhub tahun 2023, yaitu sebagai berikut:

1. Peserta wajib mempunyai dokumen kependudukan yang sah saat melakukan pendaftaran , misalnya seperti KTP, SIM, atau Kartu Keluarga (KK).

2. Peserta hanya dapat memilih satu kota tujuan untuk mudik.

3. Peserta yang hendak menikmati layanan mudik dan balik (pulang-pergi) secara gratis, maka pendaftaran arus balik pun dilakukan secara bersamaan dengan pendaftaran arus mudik.

4. Peserta hanya mendapatkan waktu tujuh hari dari tanggal pendaftaran , untuk registrasi atau melakukan validasi ulang di posko pendaftaran yang telah ditentukan sebelumnya.

5. Ketika peserta melewati waktu tersebut dan belum melakukan validasi ulang, maka ia dinyatakan gugur atau hangus, serta tidak dapat mendaftar ulang untuk mendapat fasilitas layanan mudik gratis.

6. Peserta yang mudik dan balik mengendarai sepeda motor diwajibkan membawa kelengkapan surat kendaraan, beserta penyerahan motor yang telah disesuaikan tanggalnya atau H-1 sebelum tanggal seremonial bus.

7. Peserta wajib dalam keadaan sehat jasmani dan rohani ketika keberangkatan arus mudik atau balik.

8. Peserta diwajibkan untuk hadir di lokasi minimal satu jam sebelum keberangkatan dilakukan.

Adapun pendaftaran mudik gratis Kemenhub 2023 ini dapat dilakukan melalui aplikasi MitraDarat. Aplikasi tersebut dapat diunduh melalui PlayStore atau AppStore. Seluruh calon peserta yang hendak menikmati fasilitas mudik gratis, wajib membuat akun dan login ke aplikasi terlebih dahulu.

Setelah masuk ke aplikasi, peserta dapat mendaftarkan diri dengan cara berikut:

1. Silakan Klik ikon Mudik Gratis yang terdapat di dashboard aplikasi.

2. Lalu pilih titik keberangkatan dan tujuan mudik.

3. Kemudian pilih armada mudik sesuai dengan yang diinginkan.

4. Setelah itu isi identitas data penumpang yang hendak mudik.

5. Terakhir klik selesaikan pesanan.

Adapun untuk mengecek status tiket, yaitu sebagai berikut:

1. Silakan klik ikon Mudik Gratis.

2. Lalu klik ikon Tiketku.

3. Selanjutnya pilih tiket yang dipesan.

4. Kemudian pilih lihat QR Code.

5. Maka kode QR Code akan terlampir di aplikasi, untuk ditunjukkan ke petugas posko validasi tiket.

Adapun jika masyarakat ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait mudik gratis bus Kemenhub 2023, dapat mengakses kontak WhatsApp 0813-2000-8151 atau Instagram @ditjen_hubdat.***

error: Content is protected !!