korannews.com – Ketua DPRD Jakarta , Prasetyo Edi Marsudi menekankan Penjabat (Pj) Gubernur pengganti Anies Baswedan harus memahami persoalan Jakarta untuk menyelesaikan sejumlah pekerjaan rumah yang belum terselesaikan.

Pras mengatakan macet dan banjir menajdi pekerjaan rumah di Jakarta yang hingga kini belum diatasi.

Menurut dia, Pj Gubernur harus bisa menyelesaikan persoalan yang sudah mengakar tersebut.

“Jadi siapapun penjabatanya kita harus tekankan di banjir dan macet,” ujarnya di DPRD Jakarta , Gambir, Jakarta Pusat, Senin 12 September 2022.

Menurut Pras semua calon gubernur yang bertarung di Pilkada selalu berjanji untuk menyelesaikan masalah banjir Jakarta dari hulu ke hilir.

Selain banjir kiriman, salah satu kriteria banjir di Jakarta adalah banjir yang disebabkan karena luapan sungai.

Karena itu, menurut dia Pj Gubernur nanti harus memiliki solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

“Setelah misalkan masalah banjir dan macet ini terukur semua dari hulur dan hilirnya, pasti di Jakarta masih ada banjir. Nah ini juga harus dipikirkan Pj Gubernur apa sih solusinya,” katanya.

Diketahui, saat ini DPRD DKI Jakarta menggelar Rapimgab untuk menentukan tiga nama calon Pj Gubernur sebelum disetor ke Kemendagri. Rapimgab digelar selama 12-13 September 2022.

Hari pertama, Rapimgab membahas mengenai mekanisme pemilihan calon nama Pj Gubernur .

Kemudian pada hari kedua akan ditentukan tiga nama calon tersebut dengan menggunakan mekanisme voting.

Sebagai informasi, Kemendagri akan mengusulkan enam nama Pj Gubernur DKI ke Presiden Jokowi (Joko Widodo). Tiga nama diusulkan oleh Kemendari dan tiga dari DPRD .

Saat ini empat nama telah muncul dalam bursa Calon Pj Gubernur DKI Jakarta .

Mereka di antaranya adalah Kasetpres Heru Budi Hartono; Sekda DKI Jakarta Marullah Matali; Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Bidang Informasi dan Komunikasi Politik, Juri Ardiantoro; Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar.***