Kemenko PMK kemukakan dua peran penting imunisasi

Kemenko PMK kemukakan dua peran penting imunisasi

korannews.com – Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengemukakan dua peran penting imunisasi dasar dalam memberikan perlindungan optimal bagi anak.

“Imunisasi dasar mempunyai dua peran penting, pertama, memberi perlindungan terhadap penyakit menular bagi perorangan atau individu, kedua, memberikan perlindungan atau kekebalan pada kelompok,” kata Asisten Deputi Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit Kemenko PMK, Nancy Dian Anggraeni dihubungi di Jakarta, Ahad.

Nancy Dian Anggraeni menjelaskan kekebalan individu diperlukan agar seorang anak dapat bertumbuh kembang optimal menjadi SDM yang berkualitas dan berdaya saing.

Sementara kekebalan kelompok, kata dia, sangat penting untuk upaya pengendalian atau penghentian penularan penyakit menular di masyarakat.

“Imunisasi kelompok juga efektif memberikan perlindungan pada kelompok rentan tertentu, yang karena sakit, alergi, atau penurunan kekebalan tubuh, tidak bisa mendapatkan imunisasi,” katanya.

Untuk itu, Kemenko PMK mengajak seluruh pihak mulai dari kementerian/lembaga, pemerintah daerah, hingga masyarakat untuk terus melakukan berbagai upaya strategis guna meningkatkan cakupan imunisasi dasar.

“Sosialisasi dan edukasi mengenai imunisasi dasar harus terus digencarkan, masyarakat perlu terus menerus diingatkan mengenai pentingnya imunisasi dasar, imunisasi apa saja yang harus dilengkapi, kapan jadwal imunisasi, dan berbagai informasi lainnya terkait imunisasi,” katanya.

Kemenko PMK, kata dia, juga meminta agar pemerintah daerah dapat terus memantau dan memastikan peningkatan cakupan imunisasi dasar di wilayahnya masing-masing.

“Pemda juga perlu merangkul semua pemangku kepentingan di wilayahnya masing-masing agar dapat senantiasa berperan aktif meningkatkan cakupan imunisasi dan melakukan upaya penghentian penularan penyakit menular,” katanya.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan Kemenko PMK Agus Suprapto menjelaskan rendahnya cakupan vaksinasi bisa meningkatkan risiko penyebaran virus yang sangat berbahaya.

“Imunisasi dasar sangat bermanfaat untuk melindungi anak dari berbagai penyakit yang bisa dicegah dengan vaksinasi misalkan saja penyakit polio, difteri, campak, rubella, hepatitis B dan berbagai penyakit lain,” katanya.*

Exit mobile version