Jokowi Akui Infrastruktur Belum Sempurna: Ada yang Mulus, Ada yang Becek

Jokowi Akui Infrastruktur Belum Sempurna: Ada yang Mulus, Ada yang Becek

korannews.com

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo mengakui, kondisi infrastruktur di Indonesia masih belum sepenuhnya sempurna sehingga masih ada jalan yang rusak meski sebagian jalan lain sudah mulus.

Menurut Jokowi , hal itu menjadi salah satu tantangan yang dihadapi Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) dalam mempersiapkan Pemilihan Umum ( Pemilu ) 2024.

“Ada yang bawa sepeda motor terpeleset tadi karena infrastruktur kita memang belum sempurna, ada jalanan yang sudah mulus tapi ada yang masih becek, ini fakta yang kita hadapi,” kata Jokowi dalam acara Konsolidasi Nasional KPU di Ancol, Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Jokowi mengatakan, kondisi geografis Indonesia yang luas dan beragam menyulitkan proses distribusi logistik yang dilakukan KPU.

“Bayangkan kita harus pergi ke 17.000 pulau, ada yang naik perahu, ada yang naik kapal, ada yang tadi harus didukung untuk distribusi logistik oleh TNI oleh Polri karena memang medannya medan yang tidak mudah,” kata dia.

“Saya menyadari betul keadaan lapangan karena saya sering ke daerah, masuk ke daerah-daerah terpencil, tidak mudah,” imbuh dia.

Selain itu, Jokowi juga menilai jumlah pemilih yang sangat banyak juga menjadi faktor yang menyulitkan pelaksanaan Pemilu 2024 .

Sebab, setidaknya ada 189 juta pemilih yang bakal memberikan hak suaranya hanya dalam waktu 6 jam pada hari pelaksanaan Pemilu 2024, 14 Februari 2024 mendatang.

Kendati demikian, Jokowi yakin KPU sudah memiliki pengalaman menyelenggarakan pemilu sebelumnya yang dapat menjadi bekal untuk mempersiapkan Pemilu 2024 dengan lebih baik.

“Momentum waktu yang masih tersisa harus kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kapasitas teknis persiapan pemilu, memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada, memperbaiki masalah-masalah yang harus kita selesaikan,” kata Jokowi.

Seperti diketahui, Pemilu 2024 akan digelar pada 14 Februari 2024 untuk memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR, DPD, dan DPRD periode 2024-2029 secara serentak.

Setelah itu, pemilihan kepala daerah 2024 juga akan digelar pada 27 November 2024 untuk memilih para kepala daerah di 542 daerah secara serentak.

error: Content is protected !!