Gunung Merapi Erupsi, Video Lama Mbak Marijan jadi Sorotan: Jangan Ambil Pasir Pakai Beko, Merusak Alam!

Gunung Merapi Erupsi, Video Lama Mbak Marijan jadi Sorotan: Jangan Ambil Pasir Pakai Beko, Merusak Alam!

korannews.com – Gunung Merapi yang berada di wilayah Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Klalen, Jawa Tengah, serta Kabupaten Sleman di Daerah Istiemwa Yogyakarta kembali erupsi . Bencana tersebut pada Sabtu, 11 Maret 2023 lalu.Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan terjadi guguran di Gunung Merapi pada pukul 12.12 WIB ke arah dua wilayah. Warga pun diperingatkan agar menjauhi puncak gunung dengan jarak 7 km.”Terjadi awan panas guguran di Merapi tanggal 11 Maret 2023 pukul 12.12 WIB ke arah Kali Bebeng/Krasak. Saat ini erupsi masih berlangsung,” ujar BPPTKG pada Sabtu, 11 Maret 2023.Berkaitan dengan hal itu, muncul lagi video lama mendiang Mbah Marijan yang pernah menjadi juru kunci Gunung Merapi . Mbah Marijan adalah juru kunci yang meninggal pada 26 Oktober 2010 saat erupsi gunung tersebut.

Video lama Mbah Marijan mengungkap seputar hal yang dilarang dilakukan jika tak ingin gunung legendaris itu mengeluarkan erupsi dan membahayakan warga sekitar.“Pantangan agar Gunung Merapi tidak marah, itu seharusnya beko-beko tidak merusak daerah Yogya. Kalau di Klaten, saya tidak tahu, (di) Magelang), saya tidak tahu. Kalau butuh pasir , biarlah diberi pasir tapi jangan sampai (di) Yogya, mengambil pasir pakai beko,” katanya dalam video yang diunggah Instagram @undercover.id pada Minggu 12 Maret 2023.

Gunung setinggi 2.968 m itu tercatat beberapa kali mengalami erupsi pada Sabtu, 7 Januari 2023 lalu selama 12 jam, berikut selengkapnya:

Exit mobile version