korannews.com – Mulai Senin, 12 September 2022, PT TransJakarta kembali melakukan memperpanjang jam operasional layanan menjadi 24 jam .

Bus TransJakarta akan beroperasi 24 jam setiap hari di 13 koridor, mulai pukul 22.00-5.00 WIB, layanan ini disebut AMARI atau Angkutan Malam Hari.

Untuk mendukung layanan operasi 24 jam ini, bus TransJakarta memastikan pelayanan halte dan bus juga akan disesuaikan.

Informasi tersebut dibagikan dalam unggahan akun resmi Twitter @PT_Transjakarta pada Minggu, 11 September 2022.

“Dengan gembira TransJakarta mengumumkan pada 12 September 2022 hadir kembali melayani pelanggan selama 24 jam , setiap hari di 13 koridor! Layanan 24 jam setiap hari ini diharapkan dapat lebih memperlancar aktivitas warga terutama di malam hari,” ujar aku tersebut.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan TransJakarta , Anang Rizkani Noor berharap dengan adanya layanan AMARI dapat membantu masyarakat di saat harga BBM naik. Anang juga mengimbau pelanggan untuk tetap waspada dan berhati-hati saat berpergian di malam hari.

“Semoga penambahan waktu layanan ini ikut membantu masyarakat di saat harga BBM naik, kami mengimbau pelanggan tetap waspada dan berhati-hari bepergian di malam hari,” ucap Anang, seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Diketahui, bus TransJakarta menggunakan armada sekitar 3.500 bus yang dioperasikan untuk melayani angkutan massal yakni layanan dengan halte (BRT) atau non BRT. Sekitar 30 unit di antaranya sudah menggunakan Bahan Bakar Listrik.

Meskipun harga BBM naik, tarif angkutan umum massal TransJakarta tidak mengalami penyesuaian.

Pasalnya, Pemprov DKI Jakarta telah menggelontorkan subsidi BBM sekitar Rp62, 5 miliar untuk TransJakarta . Dengan begitu tarif bus TransJakarta tetap mencapai Rp3.500.

Sebelumnya, bus Transjakarta memang pernah beroperasi selama 24 jam . Namun, saat pandemi Covid-19 penyesuaian jam operasional dilakukan lantaran adanya aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jakarta.

Pada masa PPKM Level 2, bus Transjakarta beroperasi pukul 5.00-22.00 sedangkan AMARI hanya beroperasi pukul 22.01-24.00 WIB saja.

Akan tetapi pada sekarang, bus Transjakarta akan memberlakukan jam operasional regular Transjakarta dimulai pukul 5.00 – 22.00 WIB kemudian dilanjutkan dengan layanan angkutan malam hari (AMARI) mulai pukul 22.00 – 5.00 WIB. (Tazkia Falah Rahmani)***