korannews.com – Adapun Bjorka telah mengunggah beberapa data yang diduga adalah data penduduk Indonesia yang terdaftar di KPU, data pribadi Menteri Kominfo Johnny Gerard Plate, hingga sederet data lainnya.

1. Bukan seorang hacker tapi orang dalam buat pengalihan isu

Seorang pengguna akun TikTok @/oyon******ilingan berusaha mengungkap identitas hacker Bjorka.

Siapa sih Bjorka hecker ini? Kalau kita lihat di profil dia di forum brigde. Dia joinnya baru 9 Agustus 2022,” ucap warganet tersebut pada intro video.

Sosok warganet tersebut sontak menilai ada kejanggalan dari sosok Bjorka tersebut. Sebab, data yang dibobol oleh Bjorka merupakan data dari pemerintahan.

Kalau kita lihat thread-nya, ini yang diserang agak aneh. Karena data yang disebarkan data dari Indonesia,” lanjutnya.

Berkat kejanggalan demi kejanggalan yang muncul di pusaran sang peretas tersebut, warganet itu menilai bahwa Bjorka merupakan orang dalam dari sebuah lembaga dan bukan seorang peretas.

Kalau dilihat sebagian besar data yang dibobol adalah data dari Indonesia. Saya curiga sebenarnya Bjorka bukan hacker. Tapi dia orang dalam gitu,” lanjutnya.

Sang warganet bahkan sampai menuding Bjorka hadir untuk mengalihkan isu.

2. Anggota ‘geng’ Ferdy Sambo

Senada dengan unggahan TikTok sebelumnya, muncul tebakan warganet bahwa Bjorka hadir untuk mengalihkan isu besar. Bahkan, Bjorka dituding tergabung dalam ‘geng’ Sambo untuk menenggelamkan kasusnya dari perhatian publik.

Jangan terlalu banyak tepuk tangan pada Bjorka. Bisa jadi itu serangan balik geng sambo untuk saling sandera,” cuit seorang warganet via Twitter.

Warganet lain juga turut mengamini tudingan tersebut lantaran ia menilai kasus Sambo menghilang dari diskusi publik usai mencuatnya Bjorka.

Kasus Ferdy Sambo lama-lama hilang dengan naiknya Bjorka,” cetus akun @gag****.

3. Alibi untuk menunda pemilu

Warganet lain juga menuding bahwa Bjorka hanya dimunculkan oleh pihak-pihak yang berusaha menuding Pemilihan Umum (Pemilu) pada 2024 mendatang.

Bisa juga dijadikan alibi untuk menunda pemilu,” celetuk warganet lain di Twitter.

4. Orang yang sakit hati ke Dukcapil

Entah gurauan atau sebuah tudingan serius, seorang warganet menulis celetukan bahwa Bjorka hanyalah warga biasa yang sakit hati dengan kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil)

Gimana kalau sebenernya Bjorka ini adalah orang yang tersakiti karena NIK di KTP-nya beda sama yang di Disdukcapil,” tebak seorang warganet.

5. Orang Indonesia

Tak hanya itu, warganet kini menuding bahwa Bjorka sebenarnya adalah seorang WNI atau orang Indonesia.

Yang gua heran ngakunya hekker internasyinel. Tapi kok tau Denny Siregar ya?” tulis Denny dalam cuitannya.

Ini apa gua yang terlalu terkenal sampe ke internasyinel atau dianya yang orang lokal?” lanjut Denny