korannews.com – Publik sedang dihebohkan dengan kemunculan akun Bjorka di Twitter. Dia mengaku sebagai hacker .

Selama beberapa hari terakhir, Bjorka jadi buah bibir di media sosial lantaran mengaku telah meretas banyak data rahasia milik negara, salah satunya dokumen surat-menyurat Jokowi dengan Badan Intelijen Negara (BIN).

Sebelum meretas data rahasia negara, Bjorka telah ramai dibicarakan karena aksi-aksinya meretas data penduduk Indonesia.

Berikut adalah 5 aksi peretasan yang dilakukan Bjorka sebelum heboh karena aksinya meretas dokumen rahasia negara.

1. Membocorkan Data Pelanggan Indihome

Ramainya kebocoran para pelanggan indihome awalnya bermula dari akun twitter Teguh Aprianto yang mengunggah foto tangkapan layar peretas Bjorka pada tanggal 21 Agustus 2022.

“Soal domain ngelesnya lucu banget lagi, karena telkom.net itu adalah domain milik Telkom. Lalu nomor sebelum @telkom.net adalah nomor internet pelanggan. Situs terlarang mana yang bisa dapat nomor internet pelanggan, nama, jenis kelamin dan NIK pelanggan situ?” sebut akun twitter Teguh Aprianto.

2. Data Registrasi SIM Card

Bjorka mengklaim berhasil mendapatkan 1,3 miliar nomor telepon yang bocor dan dijual di forum online breached forum. Bjorka mengaku sebagai salah satu anggota di forum tersebut.

Bjorka juga menyampaikan pesan sarkas kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Stop menjadi bodoh,” sebutnya dalam unggahan foto di akun twitter @bjorkanism kala itu.

3. Data Pemilih KPU

Sebanyak 105 juta data penduduk dari database KPU diungkapkan oleh Bjorka bocor dan bahkan diperjual-belikan di forum online.

Data identitas penduduk Indonesia ini diketahui dijual seharga 74 juta oleh Bjorka .

4. Data Pribadi Menkominfo

Bjorka mengaku berhasil membocorkan data pribadi Menteri Kominfo Johnny Gerard Plate.

Bjorka mengaku berhasil membocorkan nformasi pribadi seperti nomor handphone, NIK, dan Kartu Keluarga milik Johnny G. Plate.

5. Dalang Pembunuhan Munir

Bjorka membagikan informasi soal dalang pembunuhan munir yang bikin geger netizen pada Minggu, 11 September 2022.

Bjorka menyinggung nama Mayor Jenderal TNI Muchdi Purwoprandjono saat mengungkap dalang pembunuhan Munir pada 7 September 2004. (Raden Roro Nabiilah Cakraningtyas)***