Warga China diminta periksa kesehatan sebelum ke luar negeri

Warga China diminta periksa kesehatan sebelum ke luar negeri

korannews.com – Juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Mao Ning di Beijing, Kamis, mengingatkan warga China untuk memeriksa kondisi kesehatan sebelum bepergian ke luar negeri.

“Kami ingatkan sebagai sesama warga negara, bagi yang berencana melakukan perjalanan ke luar negeri agar memeriksa kondisi kesehatan dan memenuhi persyaratan sebelum memasuki negara tujuan untuk menghindari masalah dalam perjalanan,” katanya.

Peringatan itu disampaikan Mao terkait dengan kebijakan baru Jepang yang menyasar pelaku perjalanan dari China mulai 8 Januari.

Beberapa negara anggota Uni Eropa, Korea Selatan, Malaysia, dan lainnya juga menerapkan kebijakan serupa, yang mewajibkanpelaku perjalanan internasional dari China untuk menunjukkan hasil negatif tes PCR yang dilakukan 72 jam sebelum keberangkatan.

“Mereka (negara-negara itu) seharusnya tidak menggunakan kebijakan COVID untuk memanipulasi politik, tidak melakukan tindakan diskriminatif, dan tidak berdampak terhadap lazimnya perjalanan, pertukaran antarmasyarakat, dan kerja sama,” kata Mao dalam pengarahan pers rutin.

Dia mengaku yakin bahwa semua negara mengambil kebijakan COVID-19 berdasarkan kajian ilmiah dan proporsional.

Dia juga mendaku bahwa pandemi COVID-19 di China sudah dalam kendali.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesusmengatakan dirinya bisa memahami tindakan yang dilakukan oleh sejumlah negara karena informasi dan data perkembangan COVID-19 di China memang sangat minim.

Direktur Kegawatdaruratan Kesehatan WHO Michael Ryan sebelumnya juga mengatakan bahwa definisi kematian akibat COVID-19 di China sangat sempit.

“Silakan Anda bertanya lebih lanjut kepada pihak berkompeten,” kata Mao menanggapi pertanyaan wartawan tentang pernyataan dua pejabat WHO tersebut.

Otoritas kesehatan China memutuskan untuk tidak lagi mempublikasikan data harian COVID-19 pada Desember lalu.

error: Content is protected !!