Ucapan Selamat Pemimpin Dunia untuk Periode Ketiga Xi Jinping Pimpin China

Ucapan Selamat Pemimpin Dunia untuk Periode Ketiga Xi Jinping Pimpin China

Ucapan Selamat Pemimpin Dunia untuk Periode Ketiga Xi Jinping Pimpin China

korannews.com – Xi Jinping resmi menjadi Presiden China untuk periode ketiga. Ucapan selamat pun datang dari para pemimpin dunia.

Dilansir AFP dan Channel News Asia, Jumat (10/3/2023), Xi Jinping dipilih secara bulan oleh nyaris 3.000 anggota parlemen China atau yang disebut Kongres Rakyat Nasional (NPC). Tidak ada kandidat lain dalam pemilihan itu.

Voting dilakukan dalam rapat tahunan NPC yang digelar di Alun-alun Besar Rakyat di Beijing sejak akhir pekan lalu. Penetapan Xi sebagai Presiden China untuk periode ketiga oleh NPC dilakukan setelah dia dikukuhkan untuk menjabat lima tahun ke depan sebagai Ketua Partai Komunis China dan pemimpin militer China — dua posisi kepemimpinan paling signifikan dalam politik China — pada Oktober tahun lalu.

Dalam rapat NPC itu, Xi yang berusia 69 tahun juga menerima dukungan suara yang bulat untuk menjabat periode ketiga sebagai Ketua Komisi Militer Pusat China. Sementara itu, Zhao Leji terpilih menjadi ketua NPC yang baru dan Han Zheng menjadi wakilnya. Keduanya berasal dari kalangan tim pemimpin partai pada Komisi Tetap Politbiro yang dipimpin Xi.

Pencalonan Xi untuk menjabat lima tahun ke depan dalam periode ketiga dimungkinkan setelah perubahan Konstitusi China tahun 2018. Perubahan itu menghapuskan batasan masa jabatan Presiden China. Xi pun mengukuhkan dirinya sebagai penguasa paling berpengaruh di China sejak Mao Zedong — pendiri Republik Rakyat China yang berkuasa nyaris selama tiga dekade.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat kepada Xi Jinping atas masa jabatan ketiganya sebagai Presiden China. Putin memuji hubungan yang semakin kuat antara Rusia dan China.

Dear friend, terimalah ucapan selamat yang tulus,” kata Putin dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Kremlin, seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (10/3/2023).

Dia mengatakan Rusia sangat menghargai kontribusi Xi dalam penguatan hubungan kedua negara. Putin mengaku yakin kerja sama Rusia dan China akan bermanfaat pada semua bidang.

“Rusia sangat menghargai kontribusi pribadi Anda terhadap penguatan hubungan dan kerja sama strategis antara negara kita,” ujarnya.

“Saya yakin dengan bekerja sama, kita akan memastikan pengembangan kerja sama Rusia-China yang bermanfaat di semua bidang yang berbeda. Kita akan terus mengoordinasikan kerja sama dalam masalah regional dan internasional yang paling penting,” ujar Putin.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengucapkan selamat kepada Xi. Ucapan selamat Jokowi itu dituliskan dalam bahasa Inggris. Jokowi juga mengunggah foto bersalaman dengan Xi.

“Selamat Presiden Xi Jinping atas terpilihnya lagi sebagai Presiden Republik Rakyat China,” tulis Jokowi dalam akun Instagramnya, Sabtu (11/3/2023).

Jokowi juga mengajak Xi melanjutkan dan memperkuat kerja sama demi kesejahteraan bersama. Dia juga mengajak Xi terus menjaga perdamaian kawasan.

“Sebagai mitra strategis, mari kita lanjutkan penguatan kerja sama untuk kesejahteraan kedua negara dan melanjutkan kontribusi untuk perdamaian kawasan dan stabilitas,” ujarnya.

Presiden Singapura Halimah Yacob dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong turut menyampaikan selamat kepada Xi. Ucapan selamat itu disampaikan lewat surat kepada Xi.

“Terimalah ucapan selamat yang paling hangat atas pengangkatan Anda kembali sebagai Presiden Republik Rakyat China,” kata Halimah seperti dilansir Channel News Asia. Halimah juga yakin kerja sama China dan Singapura akan semakin kuat.

“Saya yakin bahwa di bawah kepemimpinan Anda yang cakap, China akan terus menempa prestasi baru, dan menikmati perdamaian dan kemakmuran yang berkelanjutan,” sambungnya.

Selain itu, PM Lee mengatakan China telah membuat kemajuan yang mengesankan di bawah kepemimpinan Xi. Dia mengatakan kemajuan itu tidak hanya bermanfaat bagi rakyat China, tetapi juga kawasan.

“Saat China menavigasi fase berikutnya dari pertumbuhannya dan lingkungan global yang menantang, saya yakin Anda akan mengarahkan negara menuju kemajuan dan kemakmuran yang berkelanjutan,” ujarnya.

“Persahabatan dekat dan lama antara Singapura dan China, yang dipupuk oleh generasi penerus pemimpin di kedua sisi,” sambung Lee.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un turut memberi selamat kepada Xi Jinping . Kim menyampaikan ucapan selamat yang paling hangat kepada Xi.

“Saya, bersama Anda, akan membentuk masa depan yang lebih indah dari hubungan DPRK-China yang memenuhi tuntutan zaman,” kata Kim, menggunakan akronim nama resmi Korut, demikian menurut Kantor Berita Pusat Korea seperti dilansir The Straits Times.

Exit mobile version