korannews.comTRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kelurahan Rejowinangun di Kecamatan Kotagede ,Yogyakarta mendapat predikat Desa Wisata Ramah Berkendara pada penyelenggaraan Jelajah Desa Wisata Rejowinangun dan Festival Pasar Rakyat di Pasar Legi Kotagede yang diselengarakan PT Adira Dinamika Multifinance Tbk akhir pekan lalu.

Jelajah Desa Wisata dan Festival Pasar Rakyat merupakan bagian dari rangkaian program Festival Kreatif Lokal 2022 di Kota Yogyakarta.

Pemberian predikat Desa Wisata Ramah Berkendara kepada Kelurahan Rejowinangun ditandai dengan peresmian landmark desa secara simbolis.

Swandajani Gunadi, Direktur Marketing Adira Finance mengatakan, Festival Kreatif Lokal 2022 merupakan program tahunan Adira Finance untuk Indonesia di bawah pilar Sahabat Lokal untuk mendukung pariwisata, kearifan lokal dan UMKM ekonomi kreatif sehingga dapat mendorong kemajuan perekonomian Indonesia.

Selain kegiatan Jelajah Desa Wisata dan Festival Pasar Rakyat, Adira Finance juga mengadakan program pelatihan dan pendampingan Desa Wisata Kreatif, serta peningkatan literasi keuangan bagi masyarakat pasar.

“Seluruh rangkaian kegiatan tadi merupakan bagian dari Festival Kreatif Lokal yang diadakan di 5 desa wisata di wilayah Jawa dan Bali mulai dari September hingga November 2022,” ujar Swandajani Gunadi .

Dia menjelaskan, tahun ini merupakan ketiga kalinya Adiraberkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf RI) mengadakan program Festival Kreatif Lokal.

“Pada program tahun ini, kami mengajak sahabat-sahabat komunitas motor untuk menjelajahi beragam destinasi unik di Desa Wisata Rejowinangun ,” ungkap Swandajani Gunadi di acara peresmian landmark Desa Wisata Ramah Berkendara yang dihadiri Kepala Desa Rejowinangun , Handani Bagus Setiarso, S.Sos.

“Mewakili Desa Rejowinangun , kami menyambut baik program Festival Kreatif Lokal 2022 dan berterima kasih kepada Adira Finance sebagai mitra dari Kemenparekraf RI yang telah mendukung pengembangan Desa Rejowinangun sebagai Desa Wisata Ramah Berkendara.

Semoga lebih banyak wisatawan yang mengetahui dan berkunjung ke Desa Rejowinangun ,” ungkap Handani.

Rejowinangun dipilih sebagai salah satu Desa Wisata Ramah Berkendara karena dianggap memenuhi kriteria pendukung yang meliputi infrastruktur seperti jalanan beraspal, penerangan lalu lintas, stasiun pengisian bahan bakar, dan bengkel otomotif; sumber daya manusia termasuk pelaku ekonomi kreatif, pengelola dan pemandu wisata; serta ekosistem pariwisata yaitu tempat wisata, akomodasi, ataupun fasilitas lainnya.

“Kami melihat jarak tempuh untuk berwisata kini relatif lebih pendek, dimana masyarakat akan lebih mencari destinasi wisata yang tidak jauh dari domisili mereka dan dapat dengan mudah dikunjungi menggunakan mobil atau motor.

Tahun ini kami bersama Kemenparekraf memilih lima desa wisata yang memenuhi kriteria sebagai desa ramah berkendara untuk wilayah Jawa dan Bali.

Untuk itu saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Kemenparekraf yang telah menjadikan desa wisata sebagai salah satu destinasi wisata baru pecinta otomotif,” ujar Swandajani.

Penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2022 turut didukung partner dari pemerintah maupun swasta Zurich Asuransi Indonesia, MUFG, Adira Finance Syariah dan Bank Danamon.

Direktur Utama PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk Edhi Tjahja Negara, menyatakan senang dapat kembali berkolaborasi dan mendukung program ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Mengunjungi Desa Wisata Hanjeli, Bisa Mengenal Pangan Lokal hingga Belajar Cara Panen Hanjeli

Mengunjungi Desa Wisata Hanjeli, Bisa Mengenal Pangan Lokal hingga Belajar Cara Panen Hanjeli

Desa Wisata Kejawar Sajikan Kearifan Lokal yang Kental dan Miliki Situs Bersejarah di Banyumas

Kunjungi Desa Wisata Tepus, Menparekraf: Tepus Punya Paket Wisata Komplit Antara Alam dan Budaya

Desa Wisata Marisa di Pulau Kangge Kabupaten Alor NTT Belum Miliki Infrastruktur

Masuk 50 Besar ADWI 2022, Desa Wisata Pulau Pahawang di Bandar Lampung Punya Segudang Daya Tarik

Perdana, Menparekraf Sandiaga Datang ke Desa Wisata Perlang, Kagum dengan Keindahan Alamnya

Hacker Klaim Retas Dokumen Milik Menteri hingga Surat Rahasi Presiden, Bahkan Bongkar Pembunuh Munir

Bharada E Kini Lebih Religius, Ungkapkan Keinginan Bertemu Orang Tua Sebelum Jalani Sidang

Buntut Kasus Ferdy Sambo, AKBP Jerry Raymond Siagian Resmi Dipecat Secara Tidak Hormat dari Polri

Pengacara Ungkap Kondisi Terkini Bharada E: Trauma, Banyak Berdoa hingga Rutin Terapi Psikologis

Ferdy Sambo Ambil Lagi Uang yang Sudah Diberikan ke Bripka RR

Bripka RR Siap Ajukan sebagai Justice Collabolator jika Terancam, LPSK Lakukan Asesmen Psikologi