korannews.com – Inggris pada Minggu membantah pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa hanya sedikit biji-bijian Ukraina, yang diekspor berdasarkan kesepakatan internasional, sampai di negara-negara miskin.

Tanpa mengutip sumber, Putin pada Rabu (7/9) mengatakan bahwa hanya dua dari 87 kapal pembawa 60.000 ton biji-bijian yang tiba di negara-negara miskin.

Kesepakatan yang diperantarai Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Turki itu mengizinkan biji-bijian diekspor dari pelabuhan-pelabuhan Ukraina di Laut Hitam dan telah dilaksanakan sejak Agustus.

Kementerian Pertahanan Inggris, dengan mengutip data PBB, mengatakan bahwa sekitar 30 persen biji-bijian yang diekspor berdasarkan kesepakatan tersebut telah tiba di negara-negara berpendapatan rendah dan menengah di Afrika, Timur Tengah, dan Asia.

KemenhanInggris, melalui Twitter, menuding Rusia sedang melakukan strategi misinformasi secara sengaja dalam upaya menyangkal kesalahan atas masalah kerawanan pangan, mendiskreditkan Ukraina, dan meminimalkan penentangan terhadap invasinya.

Sumber: Reuters

Kapal pembawa bantuan makanan ke Afrika meninggalkan pelabuhan Ukraina