korannews.com – Presiden Brasil Jair Bolsonaro menerima undangan untuk menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II . Bolsonaro dilaporkan akan terbang ke London, Inggris , pada 19 September mendatang.

Seperti dilansir Reuters, Senin (12/9/2022), rencana kehadiran Bolsonaro dalam pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II itu diungkapkan oleh Kementerian Luar Negeri Brasil dalam pernyataan kepada Reuters pada Minggu (11/9) waktu setempat.

Dalam pernyataan kepada Reuters, Kementerian Luar Negeri Brasil menyatakan Bolsonaro akan berangkat ke London untuk menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II pada 19 September.

Istana Buckingham sebelumnya mengumumkan bahwa pemakaman kenegaraan untuk Ratu Elizabeth II akan digelar di Westminster Abbey pada 19 September mendatang, pukul 11.00 waktu setempat. Raja Charles III menetapkan hari saat pemakaman kenegaraan digelar merupakan hari libur di Inggris.

Usai seremoni pemakaman kenegaraan digelar Westminster Abbey, jenazah Ratu Elizabeth II kemudian akan dibawa ke Wellington Arch lalu menuju Istana Windsor.

Ratu Elizabeth II akan dimakamkan di Kapel St George yang ada di Istana Windsor, yang juga menjadi makam suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip dan sang ayah, Raja George VI.

Pekan lalu, atau sehari usai wafatnya Ratu Elizabeth II, Bolsonaro menetapkan masa berkabung selama tiga hari di Brasil. Bolsonaro menyebut penetapan masa berkabung untuk Ratu Elizabeth II itu dimaksudkan untuk ‘berbelasungkawa untuk wafatnya Yang Mulia Ratu’.

Disebutkan Bolsonaro dalam pernyataan via Twitter bahwa Ratu Elizabeth II ‘tidak hanya Ratu untuk rakyat Inggris, tapi untuk kita semua’.

Brasil merupakan bekas koloni Portugis dan tidak memiliki hubungan dekat dengan Inggris.

Bendera setengah tiang ikut dikibarkan di Istana Kepresidenan Brasil pekan lalu, dengan beberapa pihak mempertanyakan apakah Bolsonaro memiliki motif tersembunyi di balik simpati yang diberikan untuk Ratu Elizabeth II itu.