PM Italia Kritik Macron karena Undang Zelensky ke Paris

PM Italia Kritik Macron karena Undang Zelensky ke Paris

korannews.com

ANKARA, KOMPAS.com – Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni mengkritik Presiden Perancis Emmanuel Macron karena mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ke Paris, Perancis.

Pasalnya, undangan Zelensky ke Paris itu dilakukan sebelum pertemuan puncak para pejabat tinggi Uni Eropa pada Kamis (9/2/2023).

Zelensky hadir di Paris pada Rabu (8/2/2023) untuk melakukan pembicaraan dengan Macron dan Kanselir Jerman Olaf Scholz, sebagaimana dilansir Anadolu Agency.

Diat tiba di Paris setelah sebelumnya transit di London, Inggris, di mana dia bertemu Perdana Menteri Rishi Sunak dan Raja Charles III.

Kunjungan Zelensky ke London merupakan lawatan pertamanya ke Inggris sejak Rusia melancarkan invasinya pada 24 Februari 2022.

Usai dari Perancis, dia terbang ke Brussel pada Kamis bersama Macron untuk menghadiri pertemuan puncak para pejabat tinggi Uni Eropa.

Kantor berita Italia ANSA melaporkan, Zelensky dijadwalkan melakukan pembicaraan bilateral dengan Meloni di sela-sela pertemuan puncak Uni Eropa.

Berbicara kepada wartawan di Brussel, Meloni menggambarkan langkah Macron untuk mengundang Zelensky ke Paris sebelum pertemuan puncak Uni Eropa merupakan tindakan yang tidak tepat.

Dia menuturkan, konflik Ukraina melibatkan semua pihak dan kekuatan Eropa harus bersatu, lapor ANSA.

“Saya pikir cara terbaik untuk membangun opsi dialog dan perdamaian adalah mempertahankan kekuatan di lapangan pada tingkat yang seimbang,” kata Meloni.

Dia memperingatkan bahwa beberapa masalah domestik dapat mengancam sikap Eropa yang telah bersatu.

Meski demikian, Meloni menegaskan kembali bahwa Italia tetap berkomitmen penuh untuk mendukung Kyiv.

Dia menambahkan bahwa pihaknya ingin memainkan peran utama, termasuk dalam fase rekonstruksi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!