korannews.com – Peti jenazah Ratu Elizabeth akan dibawa pelan-pelan dari kediamannya di wilayah pegunungan Scottish Highlands ke Edinburgh, Skotlandia, dengan menempuh perjalanan selama enam jam pada Minggu.

Prosesi itu membuka kesempatan bagi masyarakat untuk berbaris di tepi jalan guna memberi penghormatan terakhir kepada sang ratu, yang baru saja mangkat setelah tujuh dekade menduduki takhta Kerajaan Inggris.

Pada Minggu pukul 09.00 GMT (16.00 WIB), sebuah peti dari kayu ek yang berisi jenazah Elizabeth akan diletakkan ke dalam mobil jenazah yang dikawal enam penjaga.

Peti itu sebelumnya ditempatkan di aula Kastil Balmoral dengan ditutupi kain bersimbol kerajaan Skotlandia dan karangan bunga di atasnya.

Didampingi anak perempuan Elizabeth, Putri Anne, rombongan pengiring jenazah akan bergerak perlahan dari kastil yang jauh itu melalui kota-kota kecil dan desa-desa ke Edinburgh, tempat peti akan diletakkan di ruang takhta Istana Holyroodhouse.

Ribuan orang berkumpul di istana-istana kerajaan dalam beberapa hari terakhir, sejakElizabethwafat pada Kamis (8/9), untuk meletakkanbunga dan memberi penghormatan.

“Saya tahu betapa dalam Anda, seluruh bangsa –dan saya pikir saya bisa mengatakan seluruh dunia– bersimpati dengan saya dalam kehilangan besar yang kami derita ini,” kata Raja Charles, putra Elizabeth, Sabtu (10/9).

Charlesberbicara dalam upacara yang memproklamasikan sebagai raja baru Inggris.

“Menjadi penghiburan terbesar bagi saya ketika mengetahui begitu banyak simpati yang diungkapkan bagi saudara-saudara saya dan bahwa kasih sayang dan dukungan luar biasa itu diberikan kepada seluruh keluarga kami saat kami mengalami kehilangan ini.”

Meski kematianElizabeth tak sepenuhnyadi luar dugaan –mengingat usianya, kesehatannya yang menurun, kematian Pangeran Philip, suami yang mendampinginya selama 73 tahun, pada tahun lalu– kabar wafatnya sang ratu masih dirasa mengejutkan.

“Kami semua mengira beliau tak terkalahkan,” kata sang cucu, Pangeran William, yang kini menjadi pewaris takhta, pada Sabtu ketika dia menemui masyarakat di Kastil Windsor.

Upacara kenegaraan pemakaman Ratu Elizabeth akan dilangsungkan diWestminster Abbey, London, pada Senin (19/9), yang telah ditetapkan sebagai hari libur nasional di Inggris.

Sebelum itu, peti jenazahnya akan diterbangkan ke London dan akan ada prosesi untuk membawa peti tersebut dari Istana Buckingham ke Westminster Hall, tempatjenazahnya akan disemayamkan selama empat hari.

Sumber: Reuters

Rakyat Inggris sambut Raja Charles saat ratapi kematian ratu