korannews.com – Peti mati untuk pemakaman Ratu Elizabeth II akan dibawa melalui kota-kota dan desa-desa Skotlandia selama enam jam pada Minggu (11/9/2022) lewat jalur darat sebelum diterbangkan ke London.

Para rakyat yang berduka diperkirakan akan memadati jalanan untuk menyaksikan mobil jenazah Ratu Elizabeth II membawa peti mati dari kayu ek melewati Aberdeenshire, Aberdeen, dan Dundee menuju ibu kota Edinburgh.

Berikut adalah rencana perjalanan 290 kilometer melalui pedesaan Skotlandia yang akan berlangsung setidaknya enam jam:

1. Balmoral, 10.00 pagi waktu setempat

Peti mati Ratu Elizabeth II disimpan di Balmoral, terbungkus sesuai standar kerajaan Skotlandia lengkap dengam karangan bunga sejak meninggal pada Kamis (8/9/2022) dalam usia 96 tahun.

Setelah peti mati dibawa ke mobil jenazah oleh enam penjaga Balmoral, rombongan akan menuju ke kota Ballater di dekatnya, tiba pukul 10.12 untuk penghormatan dari pejabat daerah Aberdeenshire.

Peti mati itu akan ditemani oleh The Earl of Dalhousie dan menteri dari Crathie Kirk, gereja yang dihadiri Ratu Elizabeth II saat tinggal di Balmoral.

2. Aberdeen, 11.00 siang waktu setempat

Peti mati akan memasuki Aberdeen, kota terbesar ketiga di Skotlandia dan pusat industri minyak utama, yang terkenal dengan bangunan granit abu-abunya.

Setelah penghormatan lain oleh pejabat setempat, peti mati untuk pemakaman Ratu Elizabeth II bisa disaksikan publik di Duthie Park yang bersejarah di kota itu.

3. Dundee, 14.15 waktu setempat

Rombongan kemudian tiba di Dundee, kota terbesar keempat Skotlandia. Para pemimpin sipil akan berdiri di atas panggung untuk mengucapkan selamat tinggal padanya.

Dalam perjalanan ke Edinburgh, rombongan akan melewati jembatan Firth of Forth yang ikonik di atas muara yang lebar.

4. Edinburgh, 16.00 waktu setempat

Peti mati Ratu Elizabeth II akan tiba di Istana Holyroodhouse yang berusia 500 tahun, di kaki bukit Arthur’s Seat di Edinburgh. Di sana peti akan diterima dengan guard of honour.

Selain rakyat, Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon dan para pemimpin partai akan berkumpul di parlemen untuk menyaksikan peti mati itu lewat.

Pada Senin (12/9/2022), peti mati akan dibawa dalam prosesi di sepanjang jalan Royal Mile ke Katedral St Giles, dan akan didiamkan selama 24 jam setelah kebaktian.

Selanjutnya pada Selasa (13/9/2022) pemakaman Ratu Elizabeth II dilangsungkan dengan jenazah diterbangkan ke London.